Cara mengatasi “Windows has detected an IP address conflict”

Salah satu masalah yang kadang dialami dalam jaringan lokal komputer yang cukup besar biasanya adalah adanya konflik alamat IP dengan pesan peringatan berbunyi “Windows has detected an IP address conflict”, walau dengan adanya DHCP yang aktif memberikan IP address unik pada masing – masing komputer masih belum menjamin tidak adanya masalah. Kalau anda mengalami masalah serupa silahkan jalankan langkah – langkag berikut untuk memperbaikinya.

Pesan error ini selengkapnya adalah:

Network Error

Windows has detected an IP address conflict

Another computer on this network has the same IP address as this computer. Contact your network administrator for help resolving this issue. More details are available in the Windows System event log.

windows-detected-IP-address-conflict

Arti dari pesan kesalahan diatas bahwa ada komputer atau perangkat lain dalam jaringan yang sama baik lokal atau menggunakan WiFi yang memiliki IP address yang sama. Efeknya koneksi internet akan terganggu atau malah mati pada setiap perangkat yang terpengaruh. Solusinya? Ada beberapa cara dan solusi yang bisa anda coba, silahkan pilih yang menurut anda paling mudah.

Menggunakan alamat IP statis

Kadang dengan menggunakan layanan alokasi alamat IP dinamis (DHCP) bisa menjadi konflik kalau ada orang lain yang sedang memakai IP address yang sama, ini biasanya juga disebabkan orang lain menggunakan IP statis. Saya biasanya menggunakan alamat IP statis yang jarang dipakai dan tidak urut, contohnya: 192.168.1.177. Anda bisa mensetting IP Windows melalui Network Adapter.

windows-7-tcp-ip-properties-dhcp-disabled

Reset setting DHCP Windows

Anda tidak perlu mengakses Network Adapter di Windows untuk mereset setting DHCPnya, cukup jalankan command prompt dengan hak administrator dan ketikkan perintah – perintah berikut:

  1. ipconfig /release – Ini untuk melepaskan konfigurasi jaringan Windows.
  2. ipconfig /renew – Ini untuk memperbarui setting IP Windows, jadi komputer ini akan mendapatkan informasi baru dari modem atau router yang ada.

command-prompt-ipconfig-release

Restart modem atau router

Ini cara terakhir yang saya pakai, jadi sangat jarang kalau masalah ini disebabkan konfigurasi modem atau router. Walau begitu kadang setting yang ada tersangkut dan membuat kerja DHCP mereka tidaklah benar, jadi cukup dengan mematikan dan menghidupkan kembali biasanya akan berhasil diatasi.

36 pemikiran pada “Cara mengatasi “Windows has detected an IP address conflict””

    • Halo Noerone, wah… kalau DHCPnya gagal coba diganti secara manual IP addressnya mas. Cari yang angkanya agak besar atau kira – kira tidak digunakan komputer lain.

      Coba restart komputer juga, siapa tahu setting lamanya terbawa.

  1. mohon maaf mas, mau nanya nih, kan dirumah pake jaringan speedy yg ada wifi nya.
    kalo kakak saya make ponakan make suaminya make juga apakah mereka bisa masuk dengan menggunakan IP addres ? setau saya sih kl wifi kan langsung connect gk perlu seting IP addres nya…
    pertanyaan saya, apakah org yg menggunakan WIFI lewat laptop bisa merubah IP addres saya ? apakah bisa IP addres di hack menggunakan WIFI lewat laptop ?

    Balas
    • Halo Adie, IP address untuk setiap perangkat yang tersambung WiFi akan otomatis diberikan oleh DHCP. Seharusnya tidak akan ada konflik, tapi kalau muncul berarti ada yang setting sendiri mas IPnya apa. Dan ini memang bisa dilakukan asal IP Gatewaynya benar, Subnet juga benar dan alamat IP statisnya juga valid.

      Orang yang terhubung dalam satu jaringan tidak bisa mengubah IP perangkat lain selama tidak ada haknya, ini berlaku untuk situasi anda. Dan hack ini maksudnya gimana ya mas?

    • Halo UUbay, saya rasa ini masalah pembagian IP dari DHCP modem/routernya mas. Kalau PC Server yang rusak sudah tidak tersambung lagi berarti ada perangkat lain yang menggunakan alamat IP tersebut. Coba pakai IP scanner mas untuk melihat daftar perangkat yang ada dalam jaringan.

  2. Maaf mas mau nanya nih, ip addressnya udah sya ganti berkali” bisa tpi kok tetap gabisa connect internet ya ? “No internet access” , “unidentified network” , tapi klo saya cba ke laptop / cpu lain bisa langsung connect setelah dipasang kabel LAN nya, itu kesalahan dri ip address nya / dri routernya ya ? Solusinya apa ya mas ? Trims 🙂

    Balas
    • Halo Wildan, coba tidak diganti mas. Langsung DHCP di komputernya apa tidak bisa? Kalau yang No Internet Access kadang disebabkan DNS servernya salah mas, kalau yang Unidentified Network subnetnya yang salah.

  3. Gan mohon infonya, saya pemakai wifi langganan yg di share tetangga, kami menggunakan tplink untuk penangkap sinyal dan 1 buah alat penyebar wifi, masalahnya sering kali tetjadi trouble ‘windows has detected an ip address conflict, cara di atas sudah kami coba dari renew di cmd bahka memakai ip alternatif restart tplink juga sudah, mohon bantuannya. Dan apa penyebB nya, apakah adanya indikasi dari pihak yg usil dengan koneksi saya? Thank

    Balas
    • Halo Zay, jelas ada perangkat lain yang menggunakan alamat IP sama mas. Anda punya hp Android? Coba install Fing mas dan perhatikan apa saja yang memakai WiFinya. Dari sini anda bisa mengenali berapa banyak yang terhubung dan jenis perangkatnya.

  4. gan minta pencerahannya. sy cek ip address di cmd tapi ga muncul ip addressnya. sudah di atur manual tapi tetep saja ga dikenali ip address nya. sy jd gatau tau ip address komputer sy apa

    Balas
  5. Mas di kantor saya ada yg hack pake p2pover atau netcut gitu yang menghalangi koneksi wifi. Cara menangkalnya gimana mas yah? Atau ada aplikasi nya ga? Trims mohon bantuannya..

    Balas
    • Maksud saya seperti ini mas:

      tracert google.com
      
      Tracing route to google.com [216.58.203.238]
      over a maximum of 30 hops:
      
        1     1 ms    <1 ms     1 ms  192.168.1.1
        2     4 ms     2 ms     1 ms  10.27.0.1
        3     *        *        *     Request timed out.
        4    17 ms    17 ms    17 ms  172.16.10.12
        5    17 ms    17 ms    17 ms  host-103-47-132-245.myrepublic.co.id [103.47.132.245]
        6    18 ms    18 ms    18 ms  ip-181-181.moratelindo.co.id [202.43.181.181]
        7    37 ms    39 ms    37 ms  103.56.234.65
        8    32 ms    32 ms    32 ms  ip-176-110.moratelindo.co.id [202.43.176.110]
        9     *        *        *     Request timed out.
       10    31 ms    31 ms    30 ms  108.170.237.237
       11    36 ms    36 ms    36 ms  sin11s01-in-f14.1e100.net [216.58.203.238]
      
      Trace complete.

      Mas perhatikan alamat IP sebelum atau sesudah RTO, yang paling sering di baris mana, dan mas cek IPnya itu milik siapa. Jadi ketahuan nanti masalahnya apa di LAN, modemnya mas, ISP, atau malah di servernya.

  6. mas chandra tolong bantu saya dong, komputer dikantor saya selalu konflik ip kalo setelah restart, kalo saya rubah Ip nya nyambung, tapi kalo di restart lagi Ip nya balik lagi dan terjadi konflik Ip, jadi sepertinya Ip tersebut gantung, gimana solusinya mas

    Terima kasih.

    Balas
    • Wah… ada komputer lain yang pakai statis mungkin mas kalau kena konflik terus. Subnetnya diberi berapa? Gantikan jadi 255.255.255.0 biar ada 252 alamat IP address bisa dipakai.

  7. nanya dunk mas
    udah beberapa hari ini koneksi di kantor gak stabil
    beberapa komputer gak bisa internetan.
    padahal semua komputer kantor udah pake ip static
    slama ini ganti2 ip static doank ke beberapa komputer yang bermasalah agar bisa internetan lagi
    udah ganti router sama kabel ttp aja gitu.
    cara ngatasinnya gimana ya??

    thx u

    Balas
    • Ada konflik IP tidak mas?

      Ga bisa internetan ini total ga bisa online atau cuma sulit banget internetnya? Bisa karena ga ada QoS jadinya ada 1 PC yang ambil semua bandwidthnya.

    • misalnya hari ini komputer disetting ip static 192.168.0.3 trus bsk paginya pasti gak bisa internetan total.
      saya scan ip pake ipscanner, pemilik ip tersebut ya hanya komputer tersebut. tidak ada yang lainnya
      jd harus ganti ip lagi ke lainnya biar internetan.
      komputer yang sering terserang ya tidak semua, random aja.
      tapi komputer yang sering terserang terus-terusan juga ada.
      saya menggunakan router server merek tplink tl-r480+ dan pake 2 isp
      mohon solusinya.

      Terima kasih

  8. Mas mohon bantuan solusinya mas..saya pakai tp link 7210n untuk nembak wifgratisan..pertamakali bisa konek dan bisa masuk kemenu pengaturannya..tapi gak bisa buat internetan..terus sya reset lagi tp link saya..tetap gak bisa..lalu saya matikan dan saya kembalikan ipv4 nya kepengaturan awal laptop..saat say mau stting lg tp link saya ternyata..muncul tulisan “Windows has detected an IP address conflict” mohon bantuan mereset ip yg confict biar bisa konek lagi ke tp link..matur nuwun..

    Balas
  9. mas mau tanya nih
    saya kan pake wifi, trus di pasang di lantai 3 dan alhasil lantai 1 sinyalnya kecil kemudian tak tambah router lagi di lantai 1, kenapa koneksinya gk stabil ya mas ?
    lalu kalau pake kabel Lan ip conflict sama wifi, kira2 ada solusi ta mas ?

    Balas

Tulis komentar...