Cara mematikan download pada file yang dibagikan lewat Google Drive

Populernya gadget dengan sistem operasi Android ikut juga meningkatkan pengguna layanan dari Google karena wajib memiliki akunnya. Salah satu layanan yang saya perhatikan mulai banyak digunakan untuk berbagi file adalah Google Drive dan ini malah sudah mengalahkan DropBox. Seperti kita tahu bahwa dengan melakukan share file di Google Drive maka yang diberikan linknya bisa mendownloadnya, dan ini sebenarnya bisa kita atur.

Nah… kasus teman saya adalah ingin memberikan dokumen excel kantor terbaru tapi tidak ingin agar bisa diunduh, berarti ya cuma bisa dilihat (read-only). Kalau anda mengalami kasus serupa dan ingin membatasi akses atau apa yang bisa dilakukan oleh orang lain terhadap file yang dibagikan maka silahkan ikuti panduan berikut.

google-drive-sharing-settings-advanced

Seperti biasa silahkan klik icon Share dan akan muncul dialog “Sharing settings” untuk mengisikan alamat email orang yang ingin diberikan akses ke file tersebut. Yang berbeda adalah klik link Advanced di bagian bawah kanan, dan yang anda perlu lakukan hanyalah memberikan centang di opsi “Disable options to download, print, and copy for commenters and viewers” dan kemudian klik Save changes. Ini akan mematikan kemampuan orang mengakses file di Google Drive untuk mendownload, mencetak dan melakukan copy kontennya.

Sekarang isi dari file anda aman tidak bisa diambil mentahnya. Semoga bermanfaat. 🙂

4 pemikiran pada “Cara mematikan download pada file yang dibagikan lewat Google Drive”

  1. kak la kalo saya mau upload file itu ke blog gimana, kemarin saya mau upload LN tapi masi di word (172 lembar) gk bisa diupload ke blog, akhirnya saya memutuskan untuk Dibuat pdf dulu tpi caranya agar bisa diliat semua orang tanpa didunlut gimana ya kak??

    Balas
    • Halo Schetaxyz, oh mas itu cari fitur embed berarti:
      1. Buka PDFnya di Google Drive.
      2. Klik More dan pilih Embed item.
      3. Ada kode yang muncul, silahkan copas dan letakkan dalam posting blog anda.

  2. Kak saya ngga sengaja pencet download yg jumlahnya itu banyak gimana cara undownload nya ya? Karna sampai sekarang masih download dan kuota pun berkurang drastis padahal tidak ada notif ‘sedang mendownload’ sama sekali

    Balas

Tulis komentar...