Cara mematikan gambar di Mozilla Firefox

Sebelumnya di Mozilla Firefox anda bisa mencegah supaya gambar tidak ikut dimuat saat membuka halaman situs, setting ini bisa diakses dengan cukup mudah pada Options di Mozilla Firefox – tepat di bagian Content dan cukup hilangkan centang pada Load images automatically. Sayangnya sejak versi Mozilla Firefox 23 opsi ini sudah dihilangkan beserta opsi mematikan JavaScript.

Padahal kemampuan mematikan gambar di website bisa berguna bagi anda yang memiliki kuota bandwidth dan kecepatan internet yang terbatas, apalagi belum tentu semua gambar itu ada fungsinya. Sekarang bagaimana cara kita menonaktifkan memuat gambar secara otomatis di Mozilla Firefox terbaru? Silahkan simak cara berikut, yang pasti cuma sedikit lebih repot dibanding sebelumnya.

Mencegah Mozilla Firefox memuat gambar otomatis

Kita akan menggunakan opsi tingkat lanjut yang disediakan Mozilla Firefox dan cara mengaksesnya adalah dengan mengetikkan about:config pada kotak alamat dilanjutkan menekan tombol ENTER. Anda akan disuguhi pesan peringatan bahwa setting yang salah bisa membuat Mozilla Firefox bekerja tidak sebagaimana mestinya, klik “I’ll be careful, I promise” untuk melanjutkan.

mozilla-firefox-about-config-this-may-void-your-warranty

Ketikkan permissions.default.image pada kotak search. Anda akan menemukannya nilainya adalah 1.

mozilla-firefox-about-config-permissions-default-image

Silahkan double click pada entry tersebut atau klik kanan dan pilih Modify untuk melakukan perubahan konfigurasi setting.

mozilla-firefox-about-config-right-click-menu

Setting permissions.default.image memiliki 3 nilai yang bisa anda gunakan, yaitu:

  • 1 – Memperbolehkan semua gambar untuk dimuat otomatis.
  • 2 – Mencegah semua gambar dimuat secara otomatis.
  • 3 – Hanya memperbolehkan memuat gambar dari website yang sama, gambar yang terletak di website lain akan diblokir.

mozilla-firefox-permissions-default-image-enter-integer-value

Silahkan anda pilih nilai yang sesuai keinginan anda.

Kenapa Mozilla Firefox menghilangkan pilihan memuat gambar dari Options?

Opsi untuk menentukan apakah gambar akan ditampilkan atau tidak ini disebabkan banyak pengguna browser yang menganggap ada kerusakan pada Mozilla Firefox atau pada website yang dikunjungi karena tidak muncul secara sempurna. Padahal ini dikarenakan salah setting dan tidak tahu cara mengembalikan ke sebelumnya. Jadi karena dianggap opsi ini terlalu besar efeknya kalau mudah digunakan dan banyak yang melupakannya juga. tim Mozilla Firefox memilih untuk mematikannya. Anda bisa membaca penjelasan selengkapnya mengenai keputusan tersebut pada artikel Checkboxes that killed your product. Keputusan untuk menyembunyikan opsi mematikan dan menghidupkan JavaScript (yang terletak pada halaman yang sama dengan opsi gambar) juga dibahas disini.

Saya mencontohkan bila kita memblokir semua gambar dan membuka situs deviantArt:

deviantart-images-disabled

Anda bisa lihat bahwa tampilan deviantArt rusak dan belum tentu anda memikirkan apakah setting Mozilla Firefox yang salah. Biasanya pengguna umum akan langsung menyalahkan websitenya, koneksi internet dan sebagainya sebelum melihat setting browsernya – apalagi kalau anda menggunakan browser di komputer orang lain, bisa jadi ini memang disengaja pemiliknya tapi anda tidak mengetahuinya.

Sekarang anda bisa mengetahui apa alasan Mozilla Firefox menyembunyikan opsi yang dikatakan berbahaya ini, dan dengan solusi yang saya berikan anda bisa mengaktifkan kembali walau agak sedikit repot.

14 pemikiran pada “Cara mematikan gambar di Mozilla Firefox”

  1. Akhirnya ketemu juga trik-nya. Agak repot juga ya kalo begini. Padahal lebih simple pada firefox edisi2 lama. Tapi ga apa2 lah… kita yang budget untuk pulsanya terbatas mengalah!!
    Terimakasih buat juragan atas pencarian dan sharingnya.

    Balas
    • Mudah kok, cukup ikuti langkah – langkah yang sudah dijelaskan dan isikan dengan nilai 1. Ga banyak kan langkahnya? Selamat mencoba.

    • Halo, pertanyaan menarik ini. 😀

      Setelah saya mencari tahu ada tidaknya setting untuk memuat gambar dengan resolusi lebih rendah… tampaknya tidak ada di Mozilla Firefox. Tapi anda bisa menggunakan browser alternatif seperti Opera dan mengaktifkan mode Turbonya, ini akan memuat halaman website dengan sistem terkompresi termasuk gambarnya.

      Kalau anda ingin tetap menggunakan Firefox bisa mencoba addon ini: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/imglikeopera/

    • Ya benar mas Ragil, alasannya supaya pengguna awam jangan sampai salah setting dan nanti malah menyalahkan Mozilla Firefoxnya.

    • Halo Jonny, opsi seperti itu ga ada mas di Google Chrome. Paling kalau mau menghemat ukuran gambar yang dimuat bisa mengaktifkan fitur Data Saver di browsernya.

  2. kalo untuk video gimana tu ya masbro 🙂 soalnya saya punya vps,kalo hidup gambar video berat banget vpsnya jadinya,mohon pencerahannya 🙂

    Balas

Tulis komentar...