Mematikan video autoplay di Mozilla Firefox

Kalau dulu teknologi streaming video akan menggunakan Flash maka sekarang sudah mulai banyak yang berpindah menggunakan HTML5 Video. Memang banyak kelebihannya seperti bandwidth yang lebih kecil dengan kualitas video lebih jernih, jadi lebih cepat tanpa buffering menontonnya. Tapi sekarang mulai bermunculan iklan video yang autoplay (otomatis dimainkan) saat membuka halaman website.

Iya kalau isi videonya biasa saja, kalau tidak sesuai dengan usia dan situasi kan bisa repot nantinya. Apalagi kuota data internet anda bisa tersedot habis jika semua video yang ada akan diputar otomatis. Untungnya di Mozilla Firefox kita bisa mematikannya dan akan membutuhkan interaksi anda untuk memainkannya.

Bagaimana caranya? Silahkan ketikkan about:config dan muncul pesan “This might void your warranty!”, langsung klik “I’ll be careful, I promise!” untuk melanjutkan.
firefox-this-will-void-your-warranty

Pada daftar konfigurasi Firefox yang muncul silahkan isikan “media.autoplay.enabled” dalam kotak filternya. Kemudian pilih dan ubah nilainya dari true menjadi false.
firefox-media-autoplay-enabled
Setelah itu setiap elemen media HTML5 akan dicegah autoplaynya dan membutuhkan ijin anda baru bisa aktif, tinggal anda klik saja kok. Setting ini bisa anda kombinasikan dengan mengaktifkan Click to play supaya Flash dan plugin lainnya juga tidak asal dimainkan begitu saja.

Semoga bermanfaat. 🙂

Satu pemikiran pada “Mematikan video autoplay di Mozilla Firefox”

Tulis komentar...