Cara mematikan Javascript di Mozilla Firefox

Kalau anda menggunakan Mozilla Firefox terbaru dan mencari opsi mematikan atau menghidupkan JavaScript tentu sekarang sudah tidak menemukannya lagi. Opsi mengaktifkan JavaScript ini biasanya terletak pada Options disusul tab Content yang sekarang sudah tidak ada. Banyak yang tidak menyadarinya dan begitu membutuhkannya pasti kebingungan, kedua opsi menampilkan gambar dan mengaktifkan JavaScript telah disembunyikan sejak versi Mozilla Firefox 23.

JavaScript (JS) sekarang merupakan salah satu komponen penting dalam struktur suatu website, jarang sekali ada website yang tidak menggunakannya. Fungsi – fungsi JavaScript ini mulai dari menampilkan gambar secara dinamis, menyusun data interaktif, kalkulasi sederhana dan masih banyak lagi – semuanya dilakukan dari browser anda tanpa perlu terhubung ke server (tentunya tergantung tipe scriptnya).

Mencegah Mozilla Firefox menggunakan JavaScript

Sekarang bagaimana cara mengubah konfigurasi JavaScript di Mozilla Firefox? Anda harus terjun ke konfigurasi tingkat lanjut Mozilla Firefox yaitu about:config. Cara mengaksesnya cukup ketikkan alamat about:config dalam kotak alamat browser dan tekan ENTER. Pesan peringatan bahwa setting yang salah bisa membuat Mozilla Firefox tidak optimal atau rusak, klik “I?ll be careful, I promise? untuk mengaksesnya.

mozilla-firefox-about-config-this-may-void-your-warranty

Ketikkan javascript.enabled pada kotak Search yang disediakan.

about-config-javascript-enabled

Silahkan lakukan double-click pada entry itu atau klik kanan dan klik Toggle untuk mengubah konfigurasi JavaScript di Mozilla Firefox.

about-config-toggle-value

Konfigurasi javascript.enabled menerima 2 nilai bertipe boolean, yaitu:

  • true – Menghidupkan JavaScript di Mozilla Firefox.
  • false – Mematikan JavaScript di Mozilla Firefox.

Silahkan anda pilih setting JavaScript yang sesuai dengan keinginan anda, kalau bingung coba pilih Reset saja.

Kenapa Mozilla Firefox menghilangkan pilihan JavaScript dari Options?

Dari blog berjudul Checkboxes that killed your product dari salah satu developer Mozilla Firefox, keputusan ini diambil karena bila ada pengguna yang mengutak – atik setting tanpa sadar fungsinya maka yang disalahkan adalah bukan browsernya (Mozilla Firefox). Padahal penyebabnya adalah si user sendiri, dan karena sekarang banyak website yang tidak bisa berfungsi dengan benar tanpa JavaScript akhirnya opsi menonaktifkan JavaScript dihilangkan dari bagian Options. Jadi yang benar – benar menginginkannya diharapkan tahu resikonya dan biasanya memang pengguna komputer dengan pengetahuan yang lebih baik.

Sekarang coba anda akses situs dengan keadaan JavaScript mati, saya yakin anda tidak akan langsung menyalahkan Firefox.?Bisa jadi situs webnya, koneksi internet anda, cuaca hari ini dan masih banyak lagi. Kalau anda menggunakan komputer orang lain malah pasti terlewatkan untuk melihat setting browsernya, siapa tahu si pemilik memang sengaja mematikan JavaScript.

Saya contohkan disini adalah SoundCloud yang memiliki tampilan website yang berbeda saat JavaScript mati, yang terasa bedanya adalah tidak ada interaktifitas dan lebih sederhana visualnya dibanding versi normalnya.

soundcloud-javascript-disabled

Sampai disini anda tentu sudah paham apa motivasi Mozilla Firefox memindahkan lokasi konfigurasi JavaScriptnya. Sekarang anda juga sudah tahu caranya menghidupkan atau mematikan JavaScript di Mozilla Firefox walau agak repot.

4 pemikiran pada “Cara mematikan Javascript di Mozilla Firefox”

    • Halo Arfat, boleh tahu maksudnya fail? Karena mematikan JavaScript di Firefox memang caranya sekarang seperti ini untuk melindungi penggunanya dari kesalahan setting.

    • Halo Bayu, trik mematikan JavaScript melewati survey memang sudah tidak berguna lagi, Sayangnya saya belum menemukan cara lain yang lebih pasti.

Tulis komentar...