Cara mematikan JavaScript di Opera

JavaScript merupakan salah satu elemen vital dalam website, dengan menggunakan JavaScript maka banyak fungsi – fungsi yang sebelumnya dianggap tidak bisa pada website (statis) menjadi bisa dilakukan (dinamis). Akan tetapi banyak juga orang yang menyalahgunakan JavaScript untuk membajak browser, menginstall malware atau sekedar menampilkan jendela popup, apalagi menjalan proses perhitungan yang rumit – dijamin browser anda akan ngelag atau hang beberapa lama.

Mematikan JavaScript bisa mengurangi ancaman bahaya di internet dan meringankan kinerja browser dalam menampilkan halaman situs. Bisa diperkirakan kalau situs yang anda kunjungi hanya berisi informasi maka JavaScript dapat dengan aman dimatikan tanpa mengurangi banyak fiturnya.

Kalau anda menggunakan Opera sebagai browser anda maka anda bisa menonaktifkan JavaScript dengan mudah, pertama silahkan akses menu Opera di pojok kiri atas dan kemudian pilih Settings (atau tekan shortcut ALT+P).
opera-menu

Kemudian buka bagian Websites, tepat dibagian paling awal akan ada pengaturan JavaScript. Ubah opsinya dari “Allow all sites to run JavaScript (recommended)” menjadi “Do not allow any site to run JavaScript”. Konfigurasi baru ini akan langsung secara otomatis diterapkan.
opera-settings-javascript-plug-ins-display

Selesai sudah, sekarang setiap fungsi website yang membutuhkan JavaScript tidak akan berjalan dalam Opera. Kalau anda membutuhkan fungsi ini maka tinggal batalkan saja perubahan yang telah buat tadi. Oh ya, pada halaman setting yang sama anda juga bisa mematikan gambar, lokasinya agak dibawah.

Tulis komentar...