Cara mematikan komentar di YouTube

Mengupload video kreasi sendiri di YouTube bisa merupakan hal yang membanggakan dan syukur – syukur kalau bisa populer di media sosial karena keunikannya. Apalagi kadang masuk komentar – komentar positif yang akan memotivasi anda, tapi komentar negatif pun akan muncul dan parahnya bisa menjadi mayoritas walau ini bukan salah anda sebagai pembuat videonya. Apabila komentar – komentar yang dituliskan dirasa memberikan efek buruk maka sebaiknya dimatikan saja.

Efeknya nanti pada akhir halaman video tidak akan muncul formulir komentar melainkan pesan bahwa komentar telah dimatikan untuk video tersebut.
youtube-comments-are-disabled-for-this-video
Bagaimana cara mematikan komentar di upload video YouTube anda? Mudah kok caranya, silahkan akses halaman Videos dalam YouTube Video Manager. Nanti akan muncul daftar video yang sudah anda unggah.
youtube-my-videos

Selanjutnya pada setiap video yang ingin anda nonaktfikan komentar pengunjungnya klik icon panah bawah di sebelah tombol Edit, akan muncul menu dan kemudian pilih opsi Info and Settings.

Pada halaman berikutnya geser kebagian bawah dan anda akan mendapatkan bagian informasi dan pengaturang tingkat lanjut video tersebut. Klik di Advanced settings.
youtube-video-advanced-settings-comments

Nah… anda akan menemukan opsi Comments, hilangkan centang pada Allow comments dan klik Save changes. Setelah ini yang muncul adalah pesan “Comments are disabled on this video” pada url video tadi. Sukses sudah. 🙂

Bahkan sebenarnya anda bisa mematikan komentar secara default pada seluruh video yang anda unggah, jadi tidak perlu repot – repot mengatur settingnya satu per satu pada setiap video.

Semoga bermanfaat. 🙂

3 pemikiran pada “Cara mematikan komentar di YouTube”

Tulis komentar...