Cara mematikan Low Disk Space di Windows

Bila anda gemar mengkoleksi video atau game maka pasti tidak lama kemudian Windows akan memunculkan pesan peringatan “Low Disk Space” yang menginformasikan bahwa kapasitas harddisk anda sudah pada tahap mencemaskan. Bahkan ada kemungkinan sudah tidak ada ruang kosong yang tersedia sehingga anda tidak bisa menyimpan file apapun pada drive yang diberitahukan sudah kritis ini.

Isi pesan peringatannya akan sebagai berikut:

Low Disk Space
You are running very low on disk space on Local Disk (C:). To free space on this drive by deleting old or unnecessary files click here.

Kalau anda memang sengaja membiarkan harddisk anda penuh maka anda bisa mematikan warning ini karena akan muncul terus menerus selama kapasitas harddisk anda tipis dengan batas maksimalnya. Saya sendiri pernah mematikannya karena sudah tahu dan memang belum ada tempat lain untuk memindahkan file – file tersebut.

Anda membutuhkan registry editor untuk melakukannya, jalankan run dialog dan ketikkan regedit kemudian ENTER.

windows-7-run-regedit

Arahkan menuju HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.

registry-editor-hkey-current-user-policies-explorer

Klik kanan dan pilih New, kemudian DWORD (32-bit) Value. Isikan dengan NoLowDiskSpaceChecks dan ubah nilainya menjadi 1. Nanti hasilnya sesuai gambar diatas.

registry-editor-new-dword

Setelah ini pesan warning bahwa kapasitas harddisk anda sudah mendekati penuh tidak akan muncul kembali, tapi saya sangat menyarankan untuk menghapus atau memindahkan file – file berukuran besar yang sudah tidak diperlukan lagi. Kalau kebingungan anda bisa melacak file besar dengan Windows Search.

Tulis komentar...