Cara mematikan notifikasi di Mozilla Firefox

Tampaknya sudah menjadi standar browser agar penggunanya bisa dinotifikasi dari website favoritnya apabila ada hal baru. Fitur ini cukup sering dipakai pada situs – situs ecommerce dan marketplace di Indonesia. Misal anda belum tahu ajakannya seperti apa maka coba saja buka Tokopedia atau BukaLapak maka akan muncul jendela kecil di pojok kiri browser Firefox.

Kita bisa menolaknya kapan saja tapi akan jadi sedikit masalah apabila tidak sengaja kita menerimanya dan lupa. Karena sistem Push yang digunakan akan tetap aktif dan memberitahukan kita walaupun Mozilla Firefox telah ditutup jendela aplikasinya. Terus terang buat saya ini mengganggu dan ingin mematikannya.
mozilla-firefox-blokir-notifikasi-tokopedia

Untungnya cukup mudah solusinya:

  1. Klik kanan pada bagian kosong halaman situs yang mengirimkan notifikasi push tersebut.
  2. Pilih Informasi Laman.
  3. Buka tab Hak Akses.
  4. Ubah opsi Terima Notifikasi dari Izinkan ke Blokir.
  5. Selesai.

Atau alternatifnya apabila cara diatas dirasa merepotkan karena harus satu per satu adalah dengan mengakses Pengaturan > Isi > Notifikasi. Atau bisa langsung dibuka lewat alamat url berikut: about:preferences#content. Klik Pilih untuk mengatur ulang mana yang boleh dan yang tidak. Bagusnya bisa dilakukan secara massal situs – situs mana yang dicabut izinnya. Beda dengan blokir ya.

mozilla-firefox-pengaturan-izin-notifikasi

Bisa juga tidak ingin hidup notifikasi hanya pada saat sesi browsing anda saat itu maka beri centang saja pada Jangan Ganggu.

Hal serupa pernah saya bahas untuk Google Chrome apabila anda membutuhkan solusinya. Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply