Cara mematikan plugin WordPress

Bagaimana cara mengatasi plugin WordPress yang menyebabkan masalah pada situs anda? Dulu pernah saya mengaktifkan sebuah plugin dan tiba – tiba halaman blog WordPress saya menjadi kosong putih bersih atau muncul pesan error PHP entah pada baris berapa dan kenapa penyebabnya. Jadi maksud saya ini cara menonaktifkan plugin WordPress dimana kita tidak bisa menggunakan cara normal melalui halaman wp-admin, ya memang manual solusinya.

Kalau kita cuma berposisi sebagai pengguna biasa jelas tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya, karena itulah sebaiknya dimatikan saja. Masalahnya karena plugin tersebut masih aktif masuk ke halaman administrator (wp-admin) pun tidak bisa. Jadi kita harus mencari cara alternatifnya.

Nah… sebenarnya kita bisa memaksa WordPress untuk menonaktifkan plugin yang anda rasa adalah penyebab utama kerusakan. Tapi kita memerlukan akses langsung ke file – file instalasi WordPress. Ini bisa melalui File Manager di cPanel kalau anda menggunakan shared hosting atau dengan menggunakan FTP (File Transfer Protocol) ke akun web hosting anda.

Disini saya mencontohkan dengan memakai File Manager di cPanel karena kita tidak memerlukan software tambahan apapun cuma browser saja sudah cukup.

cpanel-files

Langsung saja anda akses direktori root akun web hosting anda, ini biasanya adalah public_html atau www.
cpanel-file-manager
Tujuan kita adalah direktori plugins didalam wp-content. Pada plugin yang menjadi pemicu errornya WordPress langsung saja dihapus. WordPress akan mengecek plugin apa saja yang dimuat dalam membuat halamannya, jadi kalau tiba – tiba tidak ada akan otomatis dinonaktifkan.
cpanel-file-manager-context-menu
Setelahnya anda bisa menggunakan WordPress seperti biasa kembali karena sudah dimatikan secara paksa. Tentu saja fungsi plugin yang dihapus tadi akan hilang juga, tapi kalau pengaruhnya buruk sebaiknya cari plugin alternatif saja.

Tulis komentar...