Cara membuat akun FTP di cPanel

Untuk melakukan transfer file dari komputer ke web hosting dan sebaliknya umumnya menggunakan FTP (File Transfer Protocol), yang bisa segera anda gunakan dengan username dan password akun cPanel anda. Tapi cara ini tidak saya sarankan karena hak aksesnya adalah yang tertinggi atau bisa dikatakan sebagai administrator hosting situs anda. Sebaiknya anda membuat akun FTP baru untuk fungsi – fungsi spesifik di hosting berbasis cPanel.

Salah satunya bila anda bekerjasama dengan orang dalam membuat suatu website tapi tidak ingin dia melihat – lihat bagian lain dalam cPanel maka batasi saja akun FTPnya hanya pada satu direktori tertentu saja. Ini untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan dan membagi beban kerja supaya tidak ada perselisihan hak akses.

Menambahkan user baru di FTP cPanel

Pertama akses dulu cPanel situs anda dan cari bagian Files. Selanjutnya klik FTP Accounts.

cpanel-files

Untuk membuat FTP account baru di cPanel:

cpanel-add-ftp-account

  • Isikan username untuk FTP di kotak Login.
  • Buat password yang kuat tapi mudah diingat.
  • Tentukan direktori akses akun FTP ini pada bagian Directory, bisa anda batasi ke dalam 1 folder saja seperti /home/utekno/public_html/baru atau akses ke seluruh root direktori hosting di /home/utekno/public_html. Pertimbangkan secara bijak apakah perlu akses ke bagian lain dari hosting anda.
  • Jatah disk space yang bisa digunakan oleh akun FTP ini bisa ditentukan di bagian Quota. Isikan berapa MB yang bisa difungsikan, atau unlimited supaya bebas menggunakan semua kuota disk space hosting anda.

Klik Create FTP Account untuk membuat user FTP baru sesuai konfigurasi anda sebelumnya.

Melihat daftar FTP Account di cPanel

Geser halaman FTP Accounts ke tengah dan anda akan melihat sebuah daftar akun FTP yang aktif di hosting cPanel anda beserta informasi singkat seperti kuotanya. Anda bisa mengubah password, mengganti kuota disk space, menghapus akun dan mengkonfigurasi klien FTP dengan cPanel disini.

cpanel-ftp-accounts

Mengetahui akun FTP spesial cPanel

Setiap hosting yang menggunakan cPanel akan terdapat akun spesial FTP, anda bisa melihatnya pada halaman paling bawah dari FTP Accounts. Special Account ini adalah user FTP yang dibuat berdasarkan hosting anda, ini yang saya sebutkan sebagai user FTP dengan hak tertinggi di cPanel website anda sebelumnya.

cpanel-special-ftp-accounts

Lainnya

Bila anda sedang tidak bisa menggunakan software FTP client untuk transfer file dari dan ke cPanel jangan lupa ada File Manager di cPanel. Gunakan saja ini untuk sementara.

Biasakan membuat user FTP khusus untuk setiap website anda, apalagi kalau anda menggunakan fitur Addon Domains cPanel. Ini supaya ada pemisah virtual antara website dan tidak bisa mengganggu satu sama lain. Jadi resiko sabotase akan berkurang dari dalam satu akun hosting.

Tulis komentar...