Cara mematikan rotasi layar Android

Pada handphone modern fitur rotasi tampilan layar otomatis pastilah ada, ini biasanya digunakan untuk melihat apa yang muncul pada layar lebih besar. Tapi ada saat – saat tertentu fitur ini malah mengganggu, salah satunya saat saya sedang membaca sambil tiduran. 😛 Kalau tulisannya melebar malah membuat mata saya tidak nyaman.

Untuk mematikan rotasi tampilan pada handphone Android ini sebenarnya sangatlah mudah. Akan saya pandu dulu untuk cara panjangnya dan kemudian cara cepatnya. 😀

Langsung saja buka Settings (Pengaturan) dan geser kebawah sampai anda menemukan bagian Device (Perangkat). Anda akan menemukan opsi Display (Tampilan) didalamnya, silahkan ditap untuk membuka pengaturannya. Disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean.
android-pengaturan-tampilan
Selanjutnya hilangkan saja centang pada opsi Auto-rotate screen (Putar layar secara otomatis). Sudah selesai dan tampilan layar ponsel anda tidak akan berubah – ubah lagi setelahnya. Tentu saja untuk mengaktifkannya lagi tinggal beri saja centangnya lagi.

Nah… untuk cara cepatnya tinggal tap dan tarik notification bar yang terletak diatas layar kebawah, tergantung siapa pembuat ponsel anda maka semestinya akan ada quick-access untuk beberapa fitur penting – salah satunya adalah rotasi layar otomatis ini. Tinggal tap saja iconnya pada menu yang muncul.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...