Mengatasi icon rotasi layar di hp Realme

Advertisements

Saya pengguna handphone Realme 6 Pro dan terus terang cukup merasa puas soal harga dengan spesifikasinya, triple slot itu juga sangat membantu lho. Tapi ada satu gangguan kecil yang saya alami sejak update terbarunya.

Untuk sistem operasinya sendiri mereka menggunakan Realme UI yakni Android dengan racikan khasnya. Cuma setelah download dan update versi terbarunya: Realme 2.0 dan Android 11.0, saat main game atau aplikasi apapun yang menampilkan kontennya selayar penuh maka akan muncul icon untuk rotasi layar di pojok kiri bawah.

realme ui 2 0

Advertisements

Kalau anda mencari tahu soal masalah ini jelas anda tahu bagaimana mengganggunya fitur tersebut. Kadang kejadian mau ngegame Mobile Legends atau FreeFire misalnya, ga sengaja tap dan otomatis keluar dari layar aplikasi/game kembali ke menu Android. Jelas buang-buang waktu, apalagi pas seru-serunya bermain malah bisa bikin kalah.

Setelah menyisir setting Android/Realme juga tidak membuahkan hasil yang positif, tidak ada opsi yang berhubungan langsung dengan hal ini. Dan jelas saya tidak sendirian mengalaminya dan merasa dirugikan.

Kenapa muncul opsi rotasi layar di sudut hp Realme? Ternyata ini adalah fitur dari Realme UI 2.0, fungsinya membantu pengguna agar cepat berganti orientasi layar saat berpindah ke full screen. Dan memang cuma tampil beberapa detik saja, tapi efeknya bisa fatal.

Bagaimana caranya mematikan fitur rotasi layar cepat ini? Solusi termudah saat ini adalah dengan mengaktifkan rotasi layar otomatis. Kabar buruknya, cuma ada cara ini untuk mengatasinya. Padahal jelas pemakai hp yang repot karena ini mematikan auto rotate karena tidak ingin tampilan handphone berganti-ganti.

Sudah banyak yang komplain langsung di komunitas Realme dan semoga di pemutakhiran berikutnya ada opsi untuk menghilangkannya.

Advertisements

Tinggalkan komentar