Cara mematikan suara booting dan shutdown Android

Setiap perangkat Android akan memiliki suara saat dihidupkan dan ini juga berlaku saat anda mematikannya, walau memang jarang kita mendengarnya kecuali handphone anda bermasalah tapi kadang munculnya suara ini dengan volume yang cukup keras bisa mengganggu. Kasus ini yang menimpa teman saya saat handphonenya tiba – tiba reboot saat prosesi pemakaman yang hening, jadi menarik perhatian banyak orang dan dipandang kurang baik.

Ada beberapa solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini, coba salah satu dahulu:

  1. Silahkan kecilkan volume suara handphone (Sound off/Mute/Silent).
  2. Pada beberapa merek handphone bisa diatur dari Settings > Sound > System > Volume Off.
  3. Alternatifnya anda bisa menggunakan aplikasi Silent Boot.
  4. Terakhir adalah menggunakan Android yang telah diroot, akses /system/media/audio/ui melalui File Manager. Akan ada 3 file bernama: PowerOn.ogg, PowerOff.ogg, dan PowerOff.wav. Silahkan ubah nama filenya semisal PowerOn.ogg.nonaktif jadi nanti tidak dikenali oleh sistem dan tidak dijalankan? saat proses booting atau shutdown.

Dari hasil mencoba di beberapa handphone ASUS Zenfone 5 (Kitkat) Lenovo A369i (Jelly Bean) membuat tingkat volume menjadi 0 sudah cukup atau menggunakan aplikasi. Sedangkan root ini kalau terpaksa saja karena cara lainnya yang lebih mudah tidak bisa, dan misal ingin mengganti suaranya tinggal letakkan file audionya dengan nama yang sama.

Semoga bermanfaat. 🙂

15 pemikiran pada “Cara mematikan suara booting dan shutdown Android”

  1. Hp sya Xiaomi not 3 pro.akhir2 ini styap hp sya mengeluarkan suara,setelah ny slalu ada suara denging..sedangkan sdah sya reset tetap saja ada suaranya .. apa penyebabnya mhon bantuan ny.

    Balas

Tulis komentar...