Mencoba memperbaiki tidak ada suara saat telepon di Android

Tampaknya handphone baru (Infinix Hot Note X551 Android 5.1 Lollipop) keponakan saya ini sakit – sakitan. Baru beberapa hari menggunakan tapi sudah bermasalah yakni saat telepon bisa mendengarkan tapi tidak bisa berbicara. Entah masalahnya apa. Dicoba menggunakan headset komunikasinya lancar – lancar saja. Ada apa ini dengan mic handphonenya?

Ini saya coba berulang kali telepon sampai kehabisan pulsa, aneh memang padahal awal beli semuanya normal tapi mendadak tidak berfungsi. Sempat ada pikiran kalau microphonenya rusak tapi tidak jatuh atau mengalami hal – hal diluar kewajaran. Jadi dengan sedikit semangat dan yakin ini bisa diselesaikan sendiri tanpa harus ke service centernya.

asus-zenfone-5-calling-screen-recording

Dari hasil mencari solusi telepon tidak ada suaranya ini di internet ada beberapa solusi yang bisa dicoba dan saya tuliskan disini. Tidak semuanya bisa yang pasti, tapi silahkan ada coba satu per satu:

  1. Lepas SIM Card dan restart, kemudian pasang SIM Card pasang lagi dan coba telepon. Ini pas saya coba tidak sukses.
  2. Berhubungan dengan nomor 1, katanya bisa disebabkan SIM cardnya yang rusak atau pin tembaga reader SIM cardnya yang rusak.
  3. Factory reset. Saya coba tetap bermasalah.
  4. Lepas SD card dan restart. Kemudian coba telepon. Nah… ini saya yang sukses, agak heran juga apa hubungannya SD card dengan kemampuan telepon. Setelah berhasil diperbaiki saya pasang lagi juga tetap normal

Saya baru tahu beberapa solusi diatas untuk mengatasi tidak adanya suara saat telepon. Semisal tidak berhasil harap anda bawa ke service centernya. Memperbaiki sendiri ada batas kemampuannya dan kalau salah – salah malah memperparah keadaan.

Catatan saja. Masalah hilangnya audio saat telepon ini tidak terjadi pada voice call lewat aplikasi semacam BBM, WhatsApp, LINE dan sebagainya. Kalau saya diagnosa ini karena menggunakan jalur komunikasi yang berbeda, atau setidaknya di Android merupakan hal yang berlainan.

Semoga bermanfaat. 🙂

237 pemikiran pada “Mencoba memperbaiki tidak ada suara saat telepon di Android”

Tulis komentar...