LOADING

Type to search

Panduan

Cara mematikan update otomatis Java

Salah satu hal sepele tapi cukup mengganggu adalah notifikasi adanya update untuk Java Runtime Environment (JRE) di Windows. Masalahnya kadang kita sendiri tidak tahu kalau pengecekannya adanya versi baru Java akan dilakukan secara otomatis. Tiba – tiba muncul saja pesan bahwa sudah saatnya diupdate.

Masalahnya walaupun anda tunda proses updatenya (dengan klik Later) atau mengabaikan efeknya tetap saja setiap kali booting ke Windows akan muncul. Mengganggu kan? Apalagi sudah sangat jarang Java ini digunakan untuk aplikasi – aplikasi di Windows. Dan cukup sering pakai versi lama juga masih lancar – lancar saja.

Java Update Available

Solusinya sendiri sangatlah sederhana, matikan saja fitur auto-updatenya. Dan ini bisa kita mulai dengan membuka Control Panel dan bukalah Java dari sana.

Pada jendela Java Control Panel pindahkan tabnya ke bagian Update. Hilangkan centang pada “Check for Updates Automatically” dan akan langsung muncul jendela konfirmasi apakah benar ingin dinonaktifkan pengecekan updatenya.

Java Control Panel Disable Auto Update

Anda bisa memilih antara mengurangi frekuensi pengecekan yang dilakukan dari mingguan (defaultnya) menjadi bulanan, atau untuk kasus kita klik Never Check karena memang tidak ingin diganggu lalu secara permanen. Jangan lupa klik Apply agar konfigurasi barunya diterapkan.

Selesai sudah dan semoga bermanfaat. 🙂

Tags

Tulis komentar...