Cara mematikan Webcam di Windows

Laptop sekarang sudah pasti memiliki Webcam, anda bisa menggunakannya untuk membuat selfie, merekam video, atau video chatting dengan teman anda melalui Google Hangout, Yahoo! Messenger atau Skype. Tapi kalau anda tidak pernah memakainya atau takut ada yang merekam anda tanpa ijin melalui Webcam maka ada baiknya dimatikan saja.

Karena hacker bisa memanfaatkan kelemahan sistem untuk mengendalikan webcam anda dan kemudian menyadap aktivitas penggunaan komputer tanpa anda ketahui, karena itu jangan sampai privasi anda menjadi korbannya kalau lupa dimatikan.

Caranya adalah dengan membuka run dialog (tekan tombol Windows+R), ketikkan devmgmt.msc disusul ENTER.
windows-7-run-devmgmt-msc

Kemudian pada Device Manager cari Imaging Device, nama perangkat yang muncul bisa WebCam atau Integrated Camera. Kemudian klik kanan dan pilih Disable.
device-manager-disabling-device-cause-stop-functioning

Akan muncul pesan peringatan “Disabling this device will cause it to stop functioning. Do you really want to disable it?”, klik Yes untuk menonaktifkan Webcam yang terpasang di komputer anda.

Sekarang Webcam anda tidak akan bisa digunakan kembali sampai anda menghidupkannya melalui metode yang sama tapi kali ini pilih Enable.

Bonus cara untuk memastikan Webcam anda tidak aktif, tutupi kameranya dengan selotip kertas atau lakban. 😀

Tulis komentar...