Cara membagi file dengan HJSplit

Menyediakan file untuk didownload dari internet cukup mudah dilakukan apalagi kalau ukuran file tersebut kecil (dalam kisaran MegaBytes). Akan tetapi kalau yang dishare adalah file dalam ukuran GigaBytes selain lama proses uploadnya, ada kemungkinan corrupt saat didownload utuh. Maka lebih baik kalau file tersebut dibagi menjadi beberapa part (bagian) berukuran kecil yang nanti bisa digabungkan menjadi satu. HJSplit merupakan salah satu tool yang sering digunakan untuk membagi file, software gratis ini cukup bisa diandalkan dalam menjalankan tugasnya.
Karena suatu file besar dipecahkan menjadi bagian – bagian kecil maka proses upload akan lebih mudah ini meminimalisir resiko gagal. Orang yang ingin mendownload juga tidak kesulitan dalam mendownload file? – file kecil yang nantinya bisa disambung menjadi 1.
Untuk memisahkan suatu file menjadi beberapa bagian jalankan dulu HJSplit dan pilihlah Split.
hjsplit

Pada bagian Input File isikan dengan file yang akan dipecah. Output akan mengikuti folder lokasi file inputnya secara default, anda bisa mengubahnya ke lokasi lain.
hjsplit-file-split

Ukuran file hasil pembagian bisa diatur pada Split fIle size, ada 2 satuan yang bisa dipilih disini yaitu KBytes dan MBytes. Setelah mengubah satuannya isikan berapa ukuran setiap bagian dari proses split file.

Setelah yakin pada setting HJSplit klik Start untuk memulai proses pemisahan file, lama proses splitnya tergantung seberapa besar file yang dipisahkan dan berapa banyak ukuran masing – masing partnya.
hjsplit-splitting-file

Kalau selesai akan muncul informasi “Splitting completed”
hjsplit-splitting-completed

Anda bisa mengecek hasilnya pada folder output yang telah anda tentukan sebelumnya.
hjsplit-utekno-splitted-files

Berapa banyak bagian dari hasil splitting file tergantung berapa besar ukuran file yang ditentukan sebelumnya untuk setiap bagian. Untuk menggabungkan file anda bisa menggunakan opsi Join dari HJSplit.

Tulis komentar...