Cara menggunakan Addon Domains di cPanel

Anda telah membeli domain baru tapi masih bingung mau hosting dimana? Jika anda sebelumnya telah membeli web hosting berbasis cPanel untuk website lainnya, maka gunakan saja fitur Addon Domains!

Apa sih Addon domain itu? Addon domain adalah fitur di cPanel untuk menambahkan domain lain untuk menggunakan web hosting yang sama. Kalau penggunaan kapasitas disk dan kuota bandwidth terpakai anda masih tergolong rendah, maka akan lebih hemat biaya dengan menambahkan addon domain ke hosting yang ada daripada membeli web hosting baru.

Cara mengetahui hosting memperbolehkan Addon Domains

Sebelumnya pastikan dulu kalau hosting yang telah anda beli diberi jatah addon domain, caranya akses dulu cPanel website anda dan lihat pada kotak Stats di sebelah kiri. Jika informasi yang ditampilkan bukan versi lengkap, klik expand stats.

cpanel-stats

Kemudian cari tulisan Addon Domains, perhatikan berapa domain yang diperbolehkan untuk ditambahkan menjadi addon domain di web hosting anda.

cpanel-stats-addon-domains

Dalam contoh ini addon domain yang diperbolehkan adalah 1 saja.

Cara menambahkan Addon Domains di cPanel

Setelah dikonfirmasi bahwa kita bisa menggunakan fitur addon domain di cPanel, maka segera ke bagian Domains dan klik Addon Domains.

cpanel-domains

Isikan saja nama domain yang ingin dijadikan addon pada New Domain Name. Subdomain/FTP Username dan Document Root akan otomatis terisi berdasarkan nama domain anda yang dimasukkan. Yang perlu diisi selanjutnya adalah password untuk FTP anda khusus untuk addon domain tersebut.

cpanel-create-an-addon-domain

Klik Add Domain untuk menambahkan domain tersebut menjadi addon domain di hosting web anda, pesan sukses menambahkan addon domain akan muncul setelahnya.

cpanel-addon-domain-additions-success

Karena saya menggunakan jatah addon domain maksimal (cuma 1) dari hosting saya maka akan muncul peringatan di halaman Addon Domains.

cpanel-warning-maximum-number-of-addon-domains

Informasi umum mengenai addon domain yang aktif juga bisa dilihat pada bagian Addon Domains ini, anda bisa menghapus addon domain yang ada jika sudah tidak memerlukannya lagi.

Cara menghapus Addon Domains di cPanel

Untuk menghapus secara permanen addon domain yang terdaftar maka cukup klik Remove.

cpanel-addon-domains

Kemudian anda akan mendapati pilihan untuk menghapus akun FTPnya juga. Saran saya username FTP juga harus dihapus.

cpanel-addon-domain-removal

Setelah itu anda muncul pesan sukses menghapus addon domain dan apa saja yang telah dihapuskan.

cpanel-addon-domain-removal-success

Lainnya

Wajib dilakukan! Untuk memanfaatkan addon domain ini setelah anda menambahkan domain baru ke hosting anda adalah dengan mengarahkan Name Server ke DNS penyedia layanan web hosting anda. kalau bingung samakan saja dengan data name server yang digunakan website sebelumnya di hosting tersebut.

Untuk mengupload file bisa menggunakan FTP username yang otomatis dibuat khusus untuk domain tersebut, dan saya sangat menyarankan hal ini.

Setiap pembuatan addon domain maka akan otomatis dibuat subdomain dari domain utama yang digunakan dalam hosting anda (bukan subdomain dari domain yang anda addonkan). Biasanya dapat diakses dengan format domain-addon.domain-hosting.com.

3 pemikiran pada “Cara menggunakan Addon Domains di cPanel”

    • Halo Teguh, itu gagal karena dalam akun cPanel tersebut sudah ada domain/addon domain dengan nama domain yang sama dan aktif. Dicek dulu mas daftar addon domainnya, kalau kembar ya hapus atau gunakan yang lama.

Tulis komentar...