Cara membuat Certificate Signing Request online

Masih membahas mengenai pembuatan sertifikat SSL, bila kita membelinya maka kita akan diminta memberikan informasi mengenai CSR (Certificate Signing Request) kepada penyedia SSL. Pada umumnya kita akan diminta membuat CSR dengan OpenSSL di Linux, tapi belum tentu anda menggunakan Linux maupun menginstall software OpenSSL di Windows. Ada cara yang lebih mudah yaitu membuat CSR secara online dan akan saya pandu anda.

Membuat kode CSR secara online ini menurut saya lebih mudah daripada membuatnya secara manual dengan OpenSSL atau di cPanel, walau akhirnya yang digunakan sama – sama OpenSSLnya tapi kita akan menggunakan formulir untuk mengisikan data – data mengenai nama domain kita dan akan otomatis dibuatkan.

Kita akan memanfaatkan Online CSR Generator dari GoGetSSL, silahkan anda akses dan isikan form tersebut.
gogetssl-online-csr-generator

  • Common Name – Nama domain.
    Karena saya ingin membeli sertifikat SSL untuk wildcard domain supaya semua subdomain akan bisa dipasangkan HTTPS maka saya mengisikan dengan *.utekno.com, jika anda membeli sertifikat biasa maka langsung isikan dengan nama domain anda.
  • Organization – Nama organisasi atau perusahaan. Kalau bingung isikan saja dengan nama situs anda.
  • Department – Nama departemen atau divisi.
  • City – Kota.
  • State – Provinsi atau negara bagian.
  • Email – Alamat email. Kode CSR dan Key SSL akan dikirimkan ke alamat ini juga.
  • Country – Negara.

Jika sudah lengkap tinggal klik Generate CSR dan anda akan dialihkan ke halaman hasil pembuatan CSR. Anda juga bisa mengecek inbox akun email yang anda daftarkan diatas karena data yang sama akan dikirimkan kesana.

Saya anjurkan setelahnya untuk mengecek apakah data yang tersimpan dalam kode CSR tersebut sudah benar dengan menggunakan Online CSR Decoder.

Jika sudah tidak bermasalah maka anda bisa mengirimkannya ke penjual sertifikat SSL.

Mudah bukan?

Tulis komentar...