Cara membuat alamat email catch-all di cPanel

Setiap shared hosting yang menggunakan cPanel akan terdapat email hosting sesuai dengan nama domain yang anda pakai. Kita memang sebaiknya menggunakannya kalau memerlukan alamat email dengan domain sendiri (custom domain) yang gratis karena kita sudah membayar paket hostingnya, rugi bila tidak dimaksimalkan. 🙂 Nah… karena sebenarnya pada setiap domain diharapkan adanya beberapa alamat email wajib, kadang hal ini membuat orang menghubungi kita melalui alamat email kontak yang belum ada karena tidak bisa menemukannya di website anda.

Karena itulah kita sebaiknya mensetting agar setiap email yang menuju alamat email yang tidak ada akan otomatis dimasukkan kedalam satu inbox saja yang terpusat, jadi semuanya akan ditangkap entah benar atau tidak. Inilah yang dimaksud catch-all email address. Sangat berguna kok, kita mencegah adanya email yang salah atau ada informasi yang tidak tersampaikan, bisa rugi kalau ada tawaran kerjasama tapi alamat tujuannya bermasalah.

Bagaimana cara mensetting email untuk menangkap semuanya di cPanel? Langsung saja login ke akun cPanel anda dan pada bagian Email klik Set Default Address.

cpanel-mail

Kemudian pilih nama domain yang ingin disetting pada opsi “Send all unrouted email for the following domain:”. Perhatikan apa konfigurasinya sekarang pada ” Current Setting:”, bila isinya adalah “:fail: No such person at this address” maka setiap pesan yang masuk ke alamat yang tidak ada akan otomatis dibuang – sungguh berbahaya bukan?
cpanel-set-default-address
Pastikan anda telah membuat akun email dahulu melalui cPanel (Email Account) yang akan diforward email – email yang masuk. Jika sudah maka pada “Forward to Email Address” isikan dengan alamat email tersebut. Klik Change dan setting baru yang telah anda tentukan sudah diterapkan. Setelahnya anda bisa rutin mengecek webmail cPanel untuk melihat ada email baru atau tidak.

Mudah bukan? 🙂

Tulis komentar...