Cara membuat subdomain di cPanel

Menata struktur website bisa dilakukan dengan menambahkan tempat – tempat khusus yang tidak tercampur di domain utamanya, ini bisa mengakibatkan tampilan dan konten situs anda lebih rapi dan indah. Misalkan anda ingin membuat alamat khusus yang terpisah dari nama domain tapi masih berhubungan, contohnya membuat email, forum atau blog dari situs. Disinilah anda bisa menggunakan subdomain untuk memisahkan beberapa elemen yang berhubungan menjadi sendiri – sendiri.

Membuat subdomain dari nama domain yang anda miliki tidaklah susah, apalagi kalau anda menggunakan fitur dari cPanel maka anda akan tahu betapa mudahnya membuatnya. Tentu saja anda harus login dahulu ke akun cPanel untuk website anda, kemudian cari bagian bernama Domains dan klik pada Subdomains.
cpanel-domains

Anda akan dialihkan ke halaman manajemen subdomain di cPanel, pada bagian Create a Subdomain isikan nama subdomain yang anda inginkan. Disini saya mencontohkan sebuah subdomain untuk forum uTekno yang nanti alamat lengkapnya adalah forum.utekno.com.

cpanel-create-a-subdomain

Domain utama (Root Domain) juga bisa dipilih kalau anda pernah menambahkan Addon Domains di cPanel. Sedangkan Document Root adalah lokasi folder dari subdomain tersebut dari direktori home hosting anda, ini supaya file – filenya tidak tercampur dengan website anda dan nantinya subdomain tersebut bila dibuka hanya akan mengakses direktori yang telah ditentukan. Klik Create kalau sudah yakin.

Kalau anda ingin menghapus atau mengatur ulang sebuah subdomain maka anda bisa melihatnya pada Modify a Subdomain yang terletak pada halaman yang sama. Anda bisa menghapus subdomain, mengatur peralihan (redirection), dan mengetahui direktori aktif untuk subdomain tersebut.
cpanel-modify-a-subdomain

Dengan menambahkan sebuah subdomain maka untuk mengisinya harus pada folder yang telah ditentukan, dan setiap subdomain akan dibuat catatan DNSnya menggunakan tipe CNAME. Harap dicatat semua konfigurasi subdomain dan terutama DNS record untuk website anda, karena ini berperan penting terhadap kinerja situs.

Tulis komentar...