Cara mengubah record DNS di cPanel

DNS (Domain Name Service) record adalah fitur yang harus anda pahami dalam mengelola website. Sistem manajemen web hosting yang umum dipakai adalah cPanel, dan tentunya anda harus mengarahkan DNS Server dari domain anda ke penyedia web hosting anda (Silahkan minta bantuan ke support web hosting anda kalau masih belum bisa).

Nah… record – record yang bisa anda tambahkan dalam DNS Zone ini akan berguna dalam mengelola website anda, mulai dari verifikasi kepemilikan domain, memasang layanan CDN, menggunakan redirect, membuat alias dan sebagainya. Sungguh berguna bukan kalau kita mampu menggunakan dan mampu melakukan manipulasi record DNS dengan baik dan benar.

Tentu saja anda harus login terlebih dahulu ke cPanel website terlebih dahulu, kemudian cari bagian Domains. Disini ada 2 jenis editor DNS Zone yang disediakan cPanel yaitu Simple DNS Zone Editor dan Advanced DNS Zone Editor.
cpanel-domains

Pada Simple DNS Zone Editor hanya ada 2 jenis record DNS yang bisa anda edit yaitu A record dan CNAME record, benar – benar sederhana sesuai namanya. Tapi memang kebanyakkan hanya kedua jenis record DNS ini yang sering digunakan.
cpanel-simple-dns-zone-editor
A Record berfungsi menerjemahkan nama atau alamat website menjadi IP Address dan CNAME Record adalah membuat nama lain (alias) dari alamat website yang ada. Klik Add A Record atau Add CNAME Record untuk menambahkan informasi baru dalam DNS Zone domain anda.

Sedangkan pada Advanced DNS Zone Editor yang merupakan tingkat lanjut manipulasi record DNS, disini anda bisa mendapatkan jenis lain dari record DNS yaitu TXT pada bagian Type. TXT Record ini biasanya digunakan untuk verifikasi kepemilikan domain atau menyimpan data. Anda bisa menentukan nilai TTL (Time To Live) dalam satuan detik untuk semua jenis record.

cpanel-advanced-dns-zone-editor

Untuk menambahkan record baru cukup tentukan jenis record DNS yang anda perlukan dan isikan dengan informasi yang sesuai, kemudian klik Add Record.

Record baru yang telah anda tambahkan tidak akan langsung dikenali oleh DNS Server di seluruh dunia, ini membutuhkan waktu dari beberapa detik sampai jam. Anda bisa memantaunya menggunakan What’s My DNS untuk melihat propagasi record DNS di seluruh dunia.

2 pemikiran pada “Cara mengubah record DNS di cPanel”

Tulis komentar...