Cara membuka command prompt pada folder terpilih

Ternyata masih ada banyak hal yang belum saya ketahui dalam Windows, salah satunya mengenai command prompt. Secara default kalau kita menjalankan command prompt maka akan aktif pada lokasi username Windows yang sedang digunakan. Untuk memindahkan lokasinya kita akan menggunakan perintah cd (change directory) disusul nama drive atau foldernya.

Bisa dilihat betapa repotnya kalau kita harus melakukan navigasi setiap kali ingin menjalankan perintah di command prompt pada file yang terdapat dalam folder tertentu. Karena itulah sampai ada tips menambahkan opsi command prompt pada context menu (menu yang muncul saat klik kanan) secara permanen.
cmd-cd

Tapi sebenarnya kita tidak perlu melakukan itu karena Windows sendiri sudah menyediakan fitur menjalankan command prompt pada folder yang anda inginkan, cuma memang jarang orang tahu saja – saya sendiri baru tahu kemarin walau sudah menggunakan Windows selama kurang lebih 16 tahun. Fitur ini bisa digunakan sejak Windows XP kabarnya.

Jadi apa yang perlu kita lakukan sebenarnya? Sepele ternyata, saat anda akan menekan tombol klik kanan pada mouse maka tahan tombol Shift. Nanti akan muncul menu baru dengan nama Open command window here, sudah itu saja.
windows-explorer-open-command-window-here

Maka akan muncul jendela command prompt yang menggunakan lokasi folder tersebut sebagai direktori aktifnya. Kalau dalam istilah orang Jawa cara diatas ternyata “geletek” karena mudahnya dan tidak terpikirkan. 😀

16 pemikiran pada “Cara membuka command prompt pada folder terpilih”

    • Sama – sama. 🙂 Saya juga pas tahu betul – betul mempercepat kerja yang sering edit-edit lewat cmd. 😀

    • klo windows anniversary kebawah masih pakai default CMD tetapi kalau udah update ke Windows 10 Creator sudah default windows powershell gan, itu supaya para pengguna win terbaru menggunakan win powershell yg lebih powerfull.

  1. minta bantuan nya donk kok cmd saya gk bisa buka folder di cmd lagi ya, cntoh ketika saya ketik “cd D:” kok gk bisa masuk di D malah balik lgi di C\user , ngatasi nya gimnaa ya ?

    Balas

Tulis komentar...