Cara memendekkan link dengan TinyURL

Link atau URL panjang memiliki banyak kekurangan seperti tidak mudah diingat, kemungkinan salah karena terpotong atau tidak lengkap dan kadang memang tidak diperlukan karena digunakan melacak kebiasaan browsing anda seperti yang dilakukan Google pada hasil pencariannya.

Kalau anda ingin membagikan link ke teman anda sebaiknya yang memudahkan daripada kerepotan karena panjangnya link. Nah… disini anda bisa memakai layanan TinyURL untuk memendekkan link atau url yang panjang menjadi lebih pendek dan deskriptif. Cara menggunakan TinyURL cukup isikan link yang ingin anda singkat ke dalam kotak “Enter a long URL to make tiny:” dan anda bisa membuat nama link sendiri (Custom alias) tapi ini tidaklah wajib. Selanjutnya klik Make TinyURL! untuk mengubah url panjang menjadi pendek.

tinyurl

Halaman informasi bahwa proses konversi link panjang ke pendek telah sukses akan muncul. URL asal dan url hasil pemendekan dengan format TinyURL akan ditampilkan juga.

tinyurl-was-created

Kalau pembuatan link pendek dengan format custom alias yang telah anda tentukan gagal karena tidak tersedia maka TinyURL akan otomatis membuat link pendek dengan format acak.

tinyurl-the-custom-alias-you-ve-chosen-is-not-available

Anda juga bisa memanfaatkan fungsi Preview dari TinyURL, ini digunakan untuk mengetahui kemana link pendek tersebut membawa pengunjungnya. Cara menggunakan bisa mengunjungi halaman preview TinyURL atau menambahkan kata preview di depan alamat TinyURL seperti http://preview.tinyurl.com/ibii-ign. Kalau menurut anda alamat tujuannya aman klik saja Proceed to this site.

tinyurl-preview

Bisa dilihat TinyURL memberikan cara mudah untuk menyingkat link. Para internet marketer atau individu yang berkiprah dalam usaha afiliasi biasanya akan diuntungkan oleh link pendek ini karena kode referral mereka akan disembunyikan, apalagi dengan fitur custom aliasnya yang bisa membuat url ramah bagi pembacanya.

Satu pemikiran pada “Cara memendekkan link dengan TinyURL”

Tulis komentar...