Cara memindahkan file dengan Command Prompt

Kalau anda terpaksa menggunakan command prompt untuk melakukan operasi sederhana seperti memindahkan file maka anda bisa mengikuti panduan berikut. Saya sendiri terpaksa memakai cmd untuk memperbaiki instalasi Windows dan tidak bisa mengakses seperti biasa, jadi mau tidak mau harus melalui metode ini.

Di command prompt untuk melakukan perpindahan atau transfer file dari satu lokasi ke yang lain kita bisa menggunakan perintah: MOVE disusul dengan lokasi file asal dan lokasi file baru.

Misalnya disini saya memindahkan file teks ke drive C maka perintahnya adalah: move utekno.txt c:
cmd-move
Silahkan gunakan gambar diatas sebagai referensi. Jika berhasil maka akan muncul pesan “1 file(s) moved.”, dimana angkanya bisa berubah tergantung anda memindahkan berapa file.

Kelebihan perintah move dibandingkan dengan menggunakan Windows Explorer (Cut-Paste) adalah kemampuannya memfilter file berdasarkan nama atau ekstensi tertentu. Yang dimanfaatkan adalah sistem wildcard dengan simbol * (asterisk).

Misal kita ingin memindahkan semua file berjenis gambar JPG menuju drive D, maka perintahnya adalah: move *.txt d:

Atau hanya memindahkan file dengan nama tertentu (diawali utek dan setelanya bebas) tapi ekstensinya terserah menuju drive E, contoh perintahnya adalah: move utek*.* e:

Mudah bukan? 🙂

Tulis komentar...