Cara memperbaiki “Missing Operating System” atau “Operating System not found”

Ups… muncul pesan error “Missing Operating System” saat menghidupkan komputer pagi ini. 🙁 Ada – ada saja masalahnya di hari Senin ini, entah kenapa sistem operasi Windows 7 yang sudah terinstall didalam harddisk hilang tidak berbekas. Mulailah saya mencari cara untuk memperbaikinya dan mengembalikan Windows ke kondisi semula.

Dari hasil pencarian di internet ternyata ada pesan kesalahan selain “Missing Operating System” yaitu “Operating System not found” yang menandakan hal yang sama bahwa sistem operasi tidak ditemukan.

Berikut ini adalah beberapa solusi yang pernah saya coba, silahkan anda pilih dari yang termudah untuk anda.

Lepaskan perangkat USB yang tidak penting

Ini adalah penyebab error yang paling sepele. Kadang kalau ada perangkat USB seperti Flashdisk atau Harddisk eksternal bisa membuat BIOS bingung harus booting dari mana, dan ini bisa mengubah prioritas booting dari harddisk yang berisi sistem operasi ke perangkat lain secara otomatis. Coba lepaskan seluruh hardware USB yang terpasang kecuali mouse dan keyboard.

Ubah urutan prioritas booting di BIOS

Senada dengan cara sebelumnya, ada kemungkinan urutan booting di BIOS secara tidak sengaja berubah. Akses BIOS anda saat pertama kali dinyalakan komputernya. Kemudian tekan tombol F2 atau Delete untuk masuk ke menu BIOS, cari bagian Boot Priority dan ubah ke harddisk yang berisi sistem operasi.

asus-bios

Gunakan System Recovery

Silahkan masukkan DVD instalasi Windows dan booting dari media tersebut. Kemudian pada jendela System Recovery Options pilih? Startup Repair Automatically, tunggu prosesnya sampai selesai dan coba masuk kembali ke Windows.

Jalankan proses Checkdisk

Kalau masih gagal juga maka pada jendela yang sama pilih Command Prompt. Pertama silahkan coba lakukan Checkdisk pada partisi Windows (biasanya adalah C:\)dengan perintah berikut:

chkdsk c: /f /r – Perintah ini akan memperbaiki error dalam harddisk anda dan kalau bisa memulihkan data yang hilang juga.

Tunggu prosesnya sampai selesai dan restart.

Perbaiki setting boot Windows

Dengan menggunakan command prompt juga kemudian ketikkan perintah berikut secara berurutan:

  1. bootrec.exe /fixmbr – Perintah ini akan membuat MBR (Master Boot Record) baru, tidak akan menghapus data partisi harddisk.
  2. bootrec.exe /fixboot – Perintah ini akan menambahkan sektor boot baru, kalau rusak ada kemungkinan tidak bisa diperbaiki dan Windows gagal dijalankan.
  3. bootrec.exe /rebuildbcd – Perintah ini untuk memperbaiki instalasi Windows yang berhasil dikenali.

Cek kabel Harddisk yang terpasang

Bisa juga kabel yang terpasang pada harddisk atau motherboard mulai longgar, kalau anda berani silahkan bongkar casing PC atau laptop anda dan lepas kemudian pasang kembali kabelnya.

Dsimic / CC BY-SA 3.0 / Wikimedia Commons
Dsimic / CC BY-SA 3.0 / Wikimedia Commons

Apabila semua cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah ini maka anda terpaksa melakukan instalasi ulang Windows.

Semoga membantu.

273 pemikiran pada “Cara memperbaiki “Missing Operating System” atau “Operating System not found””

  1. Jadi saya lagi buka laptop ternyata lagi pas yang shut down lalu disitu ada keterangan bahwa ada satu file yang belum ditutup, pas saya pencet cancel shut down eh laptopnya udah ke shut down sendiri, tapi bukannya ke shutdown malah menu desktop saya hilang, lalu apa yang bisa saya lakukan?? Sementara saya pencet di keyboard saya, tdk ada yg berfungsii, mohon bantuannya

    Balas
  2. Gan ane inul tuh, selsai inul instal aplikasi dll. Pas udah selesai restart dan dia ngasih pilihan windows 7 ada 2 buah. Trus ane enter. Usut punya usut cari solusi dinternet yg bilang dari komputer》properties》advanced … 》 trus disuruh unceklis pilihan yg ada waktu 30 detik dan dipilihan windows.a ada 2 saya pilih yg dibawah trus ok. Restart eh malah boot manager error. Dia ngasih pilihan tapi langsung skip. Pas mau diinul lagi trus pilih usb trus muncul press any key 》》 ane enter dan trnyata masuk ke windows yg baru diinstal tdi. Trus ane copot flasdisk dan restart dia ngulang lagi min penyakit.a
    kira” solusi.a gimana min?

    Balas
    • Ini bootloadernya yang masalah mas. Salah milih default.

      Coba masuk lewat safe mode, dan hapus atur lagi mana Windows yang benar.

  3. Kl udah muncul “missing operating system” kl di servis ke tukang servis laptop kira2 berapa biaya nya ya?

    Balas
    • Waduh… ini saya ga bisa mastikan mas. Setiap servisan punya tarif sendiri. Kalau mau minta bantuan teman saja, bayarannya ajak makan. 😀

  4. Saya sudah instal ulang tp tetap saja missing operation system, awalnya baik baik aja, sudah sampai intalasi driver tinggal instal app aja. Setelah saya hidupkan bootingnya lama, minta repair lalu missing operation system. Memang terasa laptopnya agak lelet lama sekali untuk msk windows, apakah kemungkinan harddisnya yg rusak? Mohon pencerahannya. Terimakasih..

    Balas
    • Itu salah satu faktor lainnya mas. Kalau sudah berulang kali coba cek kesehatan harddisknya dulu di PC lain, pakai HD Tune semacamnya.

  5. mas saya udah instal ulang.. katena os not found.. setelah selesai.. saya restart atau shutdown.. dan keluar lagi os not found.. saya instal lagi.. dan setelah selesai seperti itu lagi.. os not found.. mgkin ada masukan buat saya??

    Balas
    • Waduh… antara installernya korup atau cuma masalah prioritas booting saja, yakin sudah diganti ke harddisk? Sudah matikan Network Boot?

  6. Terima kasih tips’a…
    Untung ada tips yang bener2 ngebantu sperti ini…
    Sempet panik waktu missing OS…
    GAK TAU’A KARNA DISK EKSTERNAL… ???
    Ada2 aja lappy jaman now

    Balas
  7. Selamat siang,
    pernah mengalami hal seperti ini , muncul pesan error di windows 2012 storage server saat masuk configuration server ” Error Occured during enumeration of data deduplication volumes MSFTDedupeVolume – HRESULT 0x8056530c, data Dedup encountered an unexpected error…”
    ada solusi untuk hal tersebut…terimakasih

    Balas
  8. Gan, kmrn gw lg beresin isi file di hd external, selesai gw eject. Sebelumnya ntah apa yg di pencet anak gw. Tp pas buka drive d kok beberapa folder gw hilang ya?
    Gw coba buka recycle bin gk ada folder2 itu. Gw coba shutdown, nyalain lg jd layar hitam dan tulisan “missing operation system”. Kira2 knp ya

    Balas
  9. compie saya kalo pake 2 atau lebih hardisk jadi missing operating system, padahal perangkat usb ga ada yang nyolok satupun, terus cara diatas udah dicoba semua tetep gabisa, cuma instal ulang yg belum dicoba, adakah cara lain selain cara diatas dan selain diinstal ulang ? Thx

    Balas
  10. Mas mau tanya,saya sudah masuk di menu boot,terus ada pilihan UEFI/Legacy Boot Priority,terus ada 2 pilihan Boot,yaitu UEFI First dan Legacy First,saya bingung yang berisi sistem operasi yang mana.Terima kasih sebelumnya

    Balas
  11. Terima kasih Mas informasinya. Setelah cabut usb dinyalakan lg laptop langsung beroperasi dengan baik. Sekali lagi terima kasih banyak Mas semoga sukses selalu.

    Balas
  12. gan, mau tanya. jadi laptopku make dua storage, satu ssd buat system dan satu lagi hdd caddy. mulanya normal. suatu saat saya buka laptop saya muncul pesan “missing operating system”. pas aku cb lepas caddy e system notmal. bisa masuk ke windows, tapi ketika aku pasang caddy muncul lagi pesan itu gan. mohon bisa dibantu gan. terimakasih

    Balas

Tulis komentar...