Cara mendaftarkan website ke Bing Webmaster Tools

Bing merupakan mesin pencari dari Microsoft yang hasilnya juga digunakan dalam Yahoo! Search, walau pamornya kalah jauh dibanding Google Search. Tapi tidak ada salahnya kita mengoptimalkan fasilitas yang diberikan oleh Bing pada tool Webmasternya.
bing-webmasters-reports-and-data

Bing Webmasters sesungguhnya memiliki fungsi yang mirip dengan Google Webmaster Tools, mereka memberikan data dan kendali untuk website anda. Secara keseluruhan Bing berisi lebih banyak informasi visual dengan grafik dimana – mana dibanding Google Webmasters.

Untuk memanfaatkan Bing Webmaster Tools silahkan sign-in dengan akun Microsoft anda, bila belum memiliki silahkan sign-up akun baru.
bing-webmasters-tools-sign-in

Masukkan alamat website anda pada kotak Add a Site dan kemudian klik “ADD”.
bing-webmasters-add-a-site
Lihat apakah informasi mengenai URL website anda disini sudah benar, bila ada sitemap masukkan juga disini lokasinya, dan jika anda mengetahui kira – kira jam berapa situs anda dikunjungi tertinggi isikan juga. Klik “ADD” untuk melanjutkan.
bing-webmasters-about-my-website
Selanjutnya adalah memverifikasi kepemilikan website. Cara pertama adalah dengan mendownload file “BingSiteAuth.xml” dan menguploadnya melalui FTP ke direktori web hosting anda.
bing-webmasters-verify-ownership-xml
Cara kedua adalah dengan menambahkan meta tag ke dalam bagian <head> di website anda, metode ini mungkin memerlukan anda meng-edit template dari website.
bing-webmasters-verify-ownership-meta
Cara ketiga adalah dengan menambahkan record CNAME ke DNS domain website anda, biasanya bisa diakses melalui CPanel.
bing-webmasters-verify-ownership-cname
Klik Verify setelah melakukan salah satu proses verifikasi diatas. Bila berhasil maka akan muncul kata “verified” berwarna hijau.
bing-webmasters-verify-ownership-verified
Sekarang bila anda mencoba melihat data mengenai website anda biasanya masih kosong, ini dikarenakan Bing masih mengumpulkan data mengenai website yang anda baru masukkan. Silahkan tunggu beberapa lama, biasanya satu hari atau lebih kemudian coba cek lagi.
bing-webmasters-reports-and-data-new

Dengan mendaftarkan website anda ke Bing Webmaster Tools maka keberadaannya akan diketahui sehingga mempercepat proses indexing website anda di search engine Bing/Yahoo. Anda juga dapat menggunakan fasilitas webmaster yang disediakan seperti melacak keyword, mengetahui peringkat halaman web, infeksi malware di website anda, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk mendaftarkan sitemap dari website anda bila anda belum melakukannya, ini berguna agar Bing mengetahui seluruh URL yang ada di website.

Tulis komentar...