Cara mendaftarkan website ke Yandex Webmaster

Yandex merupakan search engine kompetitor Google di Rusia, seperti dominasi Baidu di Cina. Google sendiri kewalahan dengan kuatnya penguasaan pasar mesin pencari Yandex di Rusia. Sekarang secara perlahan Yandex ingin bersaing dengan Google Search di pasar internasional dimulai dengan rilis versi Inggrisnya.

Walau Yandex sendiri belum begitu populer di Indonesia tapi tidak ada salahnya kita mendaftarkan situs kita ke Webmasternya. Ini untuk mempercepat Yandex mengindeks seluruh halaman web kita. Bagaimana cara bergabungnya? Kunjungi halaman Yandex Webmaster dan klik Start Work. Anda akan dialihkan ke halaman pendaftaran akun Yandex dan akan sekaligus mendapatkan sebuah alamat email dengan format [email protected]

yandex-webmaster

Setelah mendaftar akun Yandex kunjungi halaman My sites?di Yandex Webmaster. Klik tombol Add Site untuk memulai proses memasukkan website anda.

yandex-webmaster-my-sites

Isikan alamat situs anda disini dan klik Add.

yandex-webmaster-add-a-site

Selanjutnya adalah tahap verifikasi kepemilikan website, anda bisa membuktikan bahwa situs tersebut milik anda melalui beberapa metode seperti: File HTML, Meta Tag, File Text, Whois, dan DNS. Silahkan pilih yang termudah bagi anda, saya sarankan menggunakan metode HTML atau Teks kalau bisa mengakses hosting anda melalui FTP, kalau tidak bisa maka gunakan Meta Tag.

yandex-webmaster-website-verification

Setelah anda menentukan metode verifikasi dan menyelesaikannya – klik Check untuk menjalankan proses verifikasi. Tunggu sesaat untuk mengetahui hasilnya.

yandex-webmaster-website-verifying

Bila berhasil anda akan langsung dialihkan ke halaman informasi website yang baru saja anda verifikasi sebelumnya.

yandex-webmaster-website-information

Apa yang sebaiknya dilakukan selanjutnya? Submit file sitemap website anda supaya seluruh struktur website dan isinya dapat diketahui oleh Yandex.

yandex-webmaster-website-sitemap

Sekarang tinggal menunggu dan berharap supaya Yandex mengindex seluruh halaman situs anda, walau mungkin traffic pengunjungnya tidak sebanyak dari Google tapi setiap pengunjung sama berharganya bukan? Oh ya jangan lupakan Bing Webmaster juga, bila belum didaftarkan maka ini kesempatan anda untuk memaksimalkannya.

21 pemikiran pada “Cara mendaftarkan website ke Yandex Webmaster”

  1. Udah daftar, hari pertama gagal verifikasi krn error mulu, hari kedua baru berhasil tpi bentar2 masukin captcha. aniway thanks tutornya mas.

    Balas
  2. Awal mendaftar sempat kaget dapat balasan email pakai bahasa Rusia, lupa kalo Yandex memang mesin pencari dari Rusia. Cara-carany sudah saya ikuti seperti langkah di atas dan berhasil. Terima kasih untuk ilmunya, sukses selalu!

    Balas

Tulis komentar...