Cara mendapatkan Consumer Key dan Secret di Twitter

Kalau anda sedang mengembangkan aplikasi atau layanan online yang ingin mengintegrasikan Twitter didalamnya atau sekedar supaya bisa login menggunakan akun Twitter maka anda akan membutuhkan Twitter Application Consumer Key dan Twitter Application Consumer Secret. Kasusnya saya membutuhkan kedua informasi ini supaya si pengunjung bisa langsung login dalam forum yang memakai XenForo sebagai softwarenya.

Bagaimana caranya? Silahkan akses halaman Twitter Application Management, login menggunakan akun Twitter anda dan klik pada Create New App.
twitter-application-management

Isikan data mengenai aplikasi yang anda buat untuk integrasi Twitter. Mulai dari nama app, deskripsi, alamat website, sedangkan callback url bisa dikosongkan sementara. Kalau sudah klik saja Create your Twitter Application.
twitter-create-an-application

Twitter app anda akan langsung diciptakan dan bisa langsung berfungsi.
twitter-app-details

 

Untuk mendapatkan apa yang kita cari maka akses tab Keys and Access Tokens.
twitter-app-keys-and-access-tokens
Pada bagian Application Settings akan ada Consumer Key (API Key) dan Consumer Secret (API Secret) inilah kode yang kita butuhkan. Silahkan dicopy-pastekan kedalam layanan atau aplikasi yang memerlukannya. Mudah bukan? Setidaknya menurut saya ini tidak merepotkan dibandingkan mendapatkan hal yang sama di Facebook dan Google.

4 pemikiran pada “Cara mendapatkan Consumer Key dan Secret di Twitter”

Tulis komentar...