Cara mendapatkan direct link file Dropbox

Untuk sharing file yang populer digunakan umumnya adalah Google Drive dan Dropbox. Kalau Drive karena rata – rata pakai Android jadi sudah sekalian akun Gmailnya dan Dropbox karena sudah jadi standar lebih dulu untuk berbagi juga backup data – data penting. Apalagi memang mudah caranya membagikan link untuk diakses orang lain.

Misal anda memiliki link Dropbox seperti ini: https://www.dropbox.com/s/kode_acak disini/utekno-com.zip?dl=0 dan kalau anda buka akan muncul halaman file yang dihosting dalam Dropbox. Dan kalau ingin mendownload anda perlu mengklik tombolnya. Bukan hal yang sulit kan?
dropbox-shared-file

Tapi bagaimana kalau anda ingin langsung mengunduhnya saja tanpa perlu mengklik atau mengakses apapun? Atau anda ingin pakai Internet Download Manager karena ukuran filenya besar dan lewat browser dirasa lama. Kita perlu direct link ke filenya agar lebih cepat dan mudah. Solusinya? Kita tinggal mengganti angka di akhir linknya dari 0 menjadi 1. Contoh: https://www.dropbox.com/s/kode_acak_disini/utekno-com.zip?dl=1.

Sudah itu saja. 🙂

Kalau anda ingin tahu apakah ada cara yang sama dengan file yang disimpan dalam Google Drive maka jawabannya adalah iya. Saya sudah pernah membahasnya.

Tulis komentar...