Cara mendapatkan serial number Windows melalui command prompt

Ceritanya di kantor sedang ada audit hardware komputer beserta software yang terinstall. Ini untuk mengupdate data inventaris dan memastikan tidak ada pelanggaran yang terjadi. Setahu saya semua komputer menggunakan lisensi Windows asli, tapi saat dicek ada yang tidak tercatat informasinya. Karena itulah perlu dibuat backup dari Serial Number dari Windows yang terinstall supaya tahu ini menggunakan jenis yang mana.

Contohnya adalah pada saat membeli laptop ACER dengan Windows original, kadang yang dibundling adalah versi Windows OEM yang hanya bisa diinstall pada notebook bermerek ACER, jadi tidak bisa digunakan pada ASUS, LENOVO atau DELL. Selain tidak cocok juga ada resiko terkena tuduhan pembajakan. Bisa repot kalau digunakan dalam lingkungan bisnis.

Nama lain dari Serial Number ini adalah Product ID dan tidak bisa digunakan untuk mengaktifkan Windows karena ini hanyalah kode identifikasi dari Windows dan hardwarenya.

Langsung saja ketikkan perintah: wmic os get serialnumber untuk mendapatkan Serial Number dari Windows yang terinstall.

Hasilnya akan seperti berikut:
SerialNumber
00426-OEM-89****2-00006
(Kode OEM Windows milik ACER)
cmd-wmic-os-get-serialnumber

Kalau anda ingin mengecek Serial Number yang tersimpan dalam BIOS maka bisa menggunakan perintah: wmic bios get serialnumber. Hasilnya akan seperti berikut ini:
SerialNumber
LUSGC0C019229*****7614

Semoga bermanfaat. 🙂

38 pemikiran pada “Cara mendapatkan serial number Windows melalui command prompt”

  1. Gan, kan saya beli laptop yg sudah dapet windows 8.1 ori, lalu saya install windows versi lain dan saya lupa belum backup serial numbernya, ini gimana cara biar dapetin serial numbernya lagi ya? biar kalo diinstall ke windows 8.1 lagi bisa dapet ori 🙁
    Thanks

    Balas
  2. gan dsni kan aku punya S/N ori tp g tau S/N buat produk windows apa, jd gmn ya gan caranya mengetahui S/N nya make windows produk apa ?

    Balas
  3. Gan, laptop ane ori windows 8 dan recoverynya ada di hdd, saat ini hddnya rusak dan ane gak pny backupan windows + serialnya, ada caranya gak buat instal ulang atau mengetahui serial number windowsnya biar kembali ori? dari pada beli windows lagi mahall..

    Balas
    • Halo Ened, ini harus pakai flashing tool dari pabrikan motherboardnya mas. Dan belum tentu ada atau dirilis untuk umum.

  4. Laptop saya kemarin windows 8 ori, tapi windows nya beli terpisah sama laptop,terus update ke windows 10, pas mau balikin ke windows 8 yg ori, lupa produk key nya. Di kertas windows nya sudah hilang produk key yg ditempel

    Balas
    • Waduh… tampaknya cuma bisa kontak Microsoft atau vendor laptopnya mas. Datanya ada di mereka soalnya, ga ada cara recovernya kalau stiker COAnya hilang. Tips saja, lain kali ditutup dengan isolasi supaya tidak rusak/hilang.

  5. mas mau tanya,
    sy wktu beli laptop uda include windose 8 ori. trus sy sudah update ke windows 10. sy mau install ulang pake serial number ori laptop saya bs kan ya? trus kalau langsung install ulang windows 10 pake serial number itu bisa kan? atau harus ke windows 8 dl seperti awal beli?

    Balas
    • Setahu saya product key Windows 8 dan Windows 10 berbeda walaupun lewat proses upgrade. Jadi kalau mau install Windows 10 ya pakai product key baru yang diberikan, tidak bisa yang disertakan dalam stiker laptopnya.

  6. Bagaimana denga pc hasil rakitan sendiri..?
    Dan gk memiliki kode windows 7??
    Dan juga tdk mengetahui kode windows 7..?
    Mohon bantuan nya kak???

    Balas
    • Ini bukan cara mendapatkan product key Windows mas.

      Mas install Windows 7 trial dan coba upgrade ke Windows 10 mungkin masih bisa mendapatkan lisensi originalnya.

  7. Mau tanya, saya beli laptop dari penjual bilang ada key produk windows 7 originalnya, pas saya cek di bagian bawah laptop hanya ada tracking Id nya saja..
    Untuk bisa tau product key original bgmana ya…

    Balas
  8. mau tanya, saya beli laptop ada logo windows 8 setelah dipakai 1 tahun hardisk saya rusak, saya ingin kembali ke windows asli saya bisa gak dengan hardisk baru dan bisa dilihat gak product key aslinya walaupun udah ganti windows?

    Balas
  9. gan, mau tanya nih,, laptop sayakan pake windows 10 ori. nah laptopnya sekarang rusak kena MB nya. saya ga backup license windows nya, dan di belakang laptonya juga tdk ada product key nya hanya ada logo windows saja.
    laptop saya kan masih garansi, sekarang lagi di sssc lenovo surabaya. itu gimana ya gan? bisa di lihat tidak product key nya?
    kata orang sssc nya tdk bisa.

    Balas
    • Berarti ini product keynya tertanam dalam BIOS Motherboardnya mbak.

      Ini harddisknya masih normal? Kalau cuma ganti motherboard mestinya masih bisa masuk Windows, dan nanti direcover product key yang terpakai. Teorinya sih begitu.

Tulis komentar...