Cara mengakses halaman administrasi modem ADSL

Umumnya internet di Indonesia menggunakan jasa Telkom Speedy karena harganya relatif terjangkau dan terluas walau kualitas jaringannya memang relatif tapi bisa dikatakan memuaskan untuk harganya. Anda pasti mendapatkan sebuah modem ADSL (kadang ada WiFi, tergantung anda berlangganan layanan mana) dari Speedy dan settingnya diaturkan oleh pihak teknisinya. Kadang kita perlu terjun sendiri melakukan konfigurasi setting modem supaya sesuai dengan kebutuhan anda atau memperbaikinya.

Bagaimana cara membuka halaman administrasi modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) dari Telkom Speedy? Caranya mudah kok, cukup ketikkan alamat berikut di browser: 192.169.1.1 dan nanti anda akan diminta memasukkan username dan password. Anda bisa mencoba username: admin dan password: admin yang biasanya merupakan defaultnya dan tidak pernah dirubah.

adsl-modem-authentication-required

Alamat ini merupakan setting default umum untuk melakukan manajemen modem, jadi kemungkinan besar hampir seluruh modem (baik USB/ADSL/WiFi), router atau perangkat jaringan lainnya menggunakan metode yang sama untuk mengakses konfigurasinya.

adsl-modem-administration-page

Apa yang bisa dilakukan di halaman admin modem? Banyak sebenarnya, mulai dari setting DNS yang digunakan, manajemen ACL (Access Control List), konfigurasi WiFi, melihat statistik penggunaan koneksi internet, melakukan blokir akses internet, mengetahui kualitas jaringan dan koneksi internet Speedy dan masih banyak lagi.

Yang pasti jangan berusaha mengubahnya kalau belum tahu apa gunanya karena ada resiko koneksi internet anda akan terputus dan tidak bisa mengembalikannya, daripada anda membayar biaya perbaikan. Kalau tidak paham lebih baik dicari di Google terlebih dahulu, buat catatan dari setting modem anda yang tidak bermasalah supaya bisa digunakan ke sediakala kalau ada masalah.

Leave a Reply