Cara mengaktifkan Caching di Vanilla Forums

Setiap CMS pada dasarnya membuat setiap halaman secara dunamis, jadi saat ada yang mengaksesnya maka akan dibuat saat itu juga. Kalau tidak banyak pengunjungnya maka tidak terasa perbedaannya, tapi kalau sudah banyak dan membuka halaman yang sama ini bisa membuat lambat respon dan kalau sudah kewalahan niscaya 500 Internal Server Error akan sering muncul pada forum anda.

Karena itulah fitur caching untuk menyimpan halaman yang sering dikunjungi dari hasil pembuatan CMS Vanilla Forums akan sangat membantu anda untuk meningkatkan kecepatan akses juga meringankan beban server hosting. Nanti setiap halaman forum akan dibuat versi statisnya dalam HTML dari PHP.

vanilla-forums

Masalahnya sama seperti ingin menggunakan friendly URL di Vanilla, kita harus mensettingnya secara manual. Silahkan anda akses file config.php yang berada di dalam folder conf di lokasi instalasi Vanilla anda (conf/config.php). Karena pada umumnya kita menggunakan shared hosting maka yang pasti bisa digunakan adalah cache berdasarkan file (Filecache). Jadi sisipkan kode berikut didalamnya:

$Configuration['Cache']['Enabled'] = TRUE;
$Configuration['Cache']['Method'] = 'dirtycache';
$Configuration['Cache']['Filecache']['Store'] = PATH_LOCAL_CACHE.'/Filecache';

Nanti akan dibuat cache dari halaman forum dan disimpan berbentuk file didalam direktori /Filecache. Misal anda menggunakan VPS atau shared hosting anda mendukung maka bisa mengaktifkan metode lainnya seperti APC atau Memcache.

Semoga bermanfaat. 🙂

8 pemikiran pada “Cara mengaktifkan Caching di Vanilla Forums”

  1. Salam kenal kang,
    saya pengguna vanilla dan baru belajar..
    install vanilla dg mengikuti toturial di internet saja,
    bahkan tidak ada basic saya mengenai php, css, html dll
    saat ini forum nya sudah berjalan dan ada beberapa bugs yg tidak bisa saya selesaikan..
    boleh konsultasi privat? atau ada contact yg bisa saya hubungi?

    ari

    Balas
    • Bisa ditanyakan disini mas masalahnya apa, saya bukan ahli Vanilla Forums sih cuma pernah menangani saja membantu alumni kampus. 🙂

  2. Permisi om admin, saya baru nyobain install vanilla forum 2.1 tetapi saya nemu beberapa bug diantaranya:
    1. Untuk register akun baru menggunakan reChapta selalu gagal dan muncul can’t connect socket
    2. Ketika membuat diskusi kok hasilnya tidak bisa diakses padahal di home terlihat diskusi yang telah dibuat tersebut, tetapi ketika di klik di diskusinya sama sekali tidak ada yg muncul.

    ni forum saya: kantorgu.5gbfree.com

    Mohon pencerahannya om admin. Oh iya, bisakah saya memperoleh notifikasi jika pertanyaan ini sudah anda jawab? biyar saya bisa langsung memantau jawabannya.
    Thanks before

    Balas
    • Halo Kaguru,
      1. Itu mestinya berhubungan dengan error database MySQL yang gagal diakses dari Vanilla mas.
      2. Ini saya belum bisa cek karena link forum yang mas berikan 500 Internal Server Error. Mungkin masalahnya ada di setting permalink.

    • saya sudah coba untuk gunain metode cachinng seperti yang om admin berikan, tapi hasilnya masih server error 500. Need Help Please, 🙁

    • Loh, ya itu mas. Itu masalahnya dari server hostingnya. Mungkin karena gratisan jadi terbatas kemampuannya. Ga coba idHostinger mas?

    • Kalau saya tebak sih server hosting yang dipakai bermasalah mas. Error 500 itu menandakan adanya masalah dari sisi servernya. Bisa jadi ada fitur yang dibutuhkan Vanilla tapi tidak tersedia.

Tulis komentar...