Cara mengaktifkan Folder Options

Salah satu fungsi yang dimatikan oleh virus biasanya adalah Folder Options, karena bila menggunakan setting default maka Windows tidak akan menampilkan file yang bertipe hidden atau supper hidden dan juga ekstensi dari file untuk mempermudah melihat tipenya.

Ya, tujuan program jahat ini adalah menghalangi dihapusnya sehingga sangatlah mengganggu saat ingin melakukan pembersihan karena ada batasan – batasan dari konfigurasi Windows Explorer. Anda tidak akan menemukannya pada menu Tools di Windows Explorer – hilang dari daftar pilihan, opsi Folder and search options akan berwarna abu – abu tidak bisa diklik pada Organize, dan di Control Panel pun lenyap.
windows-explorer-folder-options-disabled
Kalau anda masih bisa mengakses Registry Editor maka anda bisa langsung mengikuti langkah – langkah berikut untuk mengaktifkannya, jika dalam keadaan nonaktif (muncul pesan “Registry Editor has been disabled by administrator.”) maka anda harus menghidupkannya terlebih dulu.

Sekarang silahkan buka Registry Editor dengan memanggil run command dan mengetikkan regedit.
windows-7-run-command-regedit

Setelah itu navigasikan menuju HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Policies\Explorer atau? HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Policies\Explorer untuk mencari NoFolderOptions. Kalau ada ubah nilainya menjadi 0 atau hapus saja sekalian.
regedit-hkey-current-user-nofolderoptions

Selesai! Folder Options sekarang bisa digunakan seperti sedia kala.

Tulis komentar...