Cara mengaktifkan koneksi data seluler Android

Jadi kemarin malam saya mendapatkan permintaan tolong dari tetangga saya bahwa handphone Androidnya (Samsung Galaxy Mega 2) bahwa koneksi data melalui operator selulernya (XL kalau tidak salah) tidak berfungsi. Dan yang saya bahas disini merupakan suatu kesalahan kecil yang kadang tidak secara teliti diperhatikan.

Seperti kita ketahui bahwa untuk online menggunakan paket data seluler setting APN (Access Point Name) harus benar baru bisa digunakan, maka wajar kalau saya pertama kali mengeceknya dan mensetting ulang untuk memastikan. Tapi ternyata bukan ini masalahnya. Oh ya saya juga sudah melihat apakah ada pulsanya dan kuota paket internetnya masih ada sisa atau tidak, konyol kalau nanti repot – repot ternyata masalah ini penyebabnya. Hehe. 😀
android-quick-settings
Dan ternyata masalahnya lebih lucu lagi, setelah saya mencoba hampir semua kombinasi solusi penyebabnya sepele. 😛 Koneksi data seluler di Android tidak sengaja dimatikan dan lupa dihidupkan lagi, dan kalau melihat tetangga saya memang tampaknya tidak seberapa paham pengaturan handphone (gaptek). Walau cara mengaktifkannya sama mudahnya bisa melalui Quick settings dengan menggeser notification bar kebawah dan tap pada Mobile data / Data connection (Asus Zenfone 5 / Lenovo A369i).

Tapi kalau mau sedikit manual anda bisa melakukannya dari Settings > Wireless & Networks > Mobile networks > Mobile data / Data connection dan kemudian tap saja. Jadi sebelum panik saran saya cek dulu sudah aktif atau belum koneksi data seluler anda, siapa tahu masalahnya cuma segampang ini cara mengatasinya.

Semoga membantu. 🙂

3 pemikiran pada “Cara mengaktifkan koneksi data seluler Android”

  1. paket datanya sdah aktif.ad kok tulisanya 3G tp masih sja ndak bsa untuk buka fcbuk.kata pmberitauwannya (msalah jaringan atau jaringan yg disukai hanya 4G.

    Balas

Tulis komentar...