Curhat hilangnya sinyal koneksi data di ASUS Zenfone 5

Kali ini saya bukannya memberikan solusi atau bagaimana cara mengatasi masalah, ini karena saya sendiri tidak yakin walau sudah berhasil memperbaikinya. Jadi saya bercerita saja mengenai masalah yang saya alami saat menggunakan ASUS Zenfone 5: Hilangnya atau tidak terdeteksi adanya sinyal koneksi data. Saya memakai operator seluler 3 (Tri) kalau anda ingin tahu.

Jadi keanehan ini saya sadari saat kumpul – kumpul bareng teman. Pada handphone saya perhatikan walaupun sinyalnya penuh tapi tidak ada informasi telah menggunakan teknologi koneksi data apa. Itu loh yang biasanya tulisannya E (EDGE), H (HSDPA), H+ dan sebagainya di notification bar diatas dan letaknya disebelah sinyal handphone.

asus-zenfone-home-screen-no-mobile-data

Jadi seakan – akan fitur Mobile data (Data perangkat) telah dimatikan, dan sudah saya cek dalam keadaan hidup kok. Tapi kalau kita berinternet dengan WiFi masih normal, cuma lewat data seluler saja bermasalah. Beberapa solusi yang saya coba:

  1. Restart handphone.
  2. Cek setting APN.
  3. Mengalihkan ke SIM nomor 2 (Kartu As).
  4. Melihat dan memastikan konfigurasi hemat daya tidak aktif.

Metode – metode diatas buat saya masih belum berhasil dan bahkan akhirnya saya tidak bisa menelpon atau mengirim SMS. πŸ™

Nah… akhinya saya berpikiran untuk melakukan factory reset atau langsung saja melakukan upgrade ASUS Zenfone 5 saya ke Android Lollipop. Tapi sebelumnya karena kebetulan sudah saya nyalakan berjam – jam dan utak – atik jadi baterainya mau habis akhirnya saya biarkan mati, dan saya charge sampai penuh dalam keadaan mati handphonenya. Eh… saya hidupkan paginya sudah normal kembali dan koneksi datanya bisa digunakan dengan normal kembali. Jadi tidak keburu direset dan diupgrade Androidnya.

Saya baru mengalaminya sekali dan juga heran apa sebabnya, apalagi (kemungkinan) solusinya sendiri juga tidak kalah anehnya. Saya teringat kasus ini karena kenalan saya yang menggunakan tipe ponsel yang sama baru saja berkonsultasi soal yang serupa, bahkan katanya ASUS Zenfone 2 pun ada yang seperti ini. Poin lain yang sama adalah operatornya sama – sama 3. Saya masih menunggu kabarnya apakah cara saya ini berhasil atau tidak, siapa tahu cuma kebetulan saja. Update: Ternyata masalah APN 3.

Inilah kenapa saya katakan curhat, karena saya sendiri tidak yakin cara yang saya lakukan berhasil untuk anda kalau masalahnya sama. Tapi tidak ada salahnya dicoba kan?

104 pemikiran pada “Curhat hilangnya sinyal koneksi data di ASUS Zenfone 5”

  1. Permisi saya juga mengalami hal yang sama di asus zenfone max sinyalnya kadang hilang kadang ada. Mungkin ada yang tau solusinya padahal sebelum saya ganti asus sinyal baik2 aja.

    Balas
  2. Hp asus engine 5 saya kalo wi-fi dinyalakan kenapa kok kartu sim langsung gak deteksi ya adakah cara maupun solusi untuk memperbaikinya mohon segera di jawab ya gan.

    Balas
  3. Untuk sinyal lemah mungkin saja terjadi pada papan bawah handphone kalian karena di papan bawah ada 2 atau 3 antena yg ke arah body.

    Untuk sinyal yg hilang atau tidak terdaftar pada jaringan biasa terjadi pada SYSTEM jaringan
    Coba kalian download patch modem seri hp kalian install lewat twrp atau CWM.

    Twrp nya jangan di pasang sembarangan dapat menyebabkan bootloop di baca dulu cara pemasangan nya

    Balas
  4. Punyaku ga ada sinyal sm sekali, trmasuk tdk bisa pindai wifi, Intinya, asus zenfone bermasalah di sinyal, solusi terbaik adalah , jgn dibeli asus zenfone…

    Balas

Tinggalkan komentar