Cara mengaktifkan pemberitahuan email di Google Form

Pernah membuat formulir dengan Google Form? Memang cara pembuatannya sangatlah mudah dan cepat, apalagi hasilnya akan langsung tersimpan secara online di Google Drive dalam bentuk spreadsheet jadi proses pengolahan data sudah terintegrasi. Kalau anda menggunakan Google Form untuk formulir kontak seperti saya maka respon cepat terhadap setiap pertanyaan adalah wajib, sehingga sekarang bagaimana caranya kita dihubungi setiap kali ada yang mengisi formulir kita?

Untungnya caranya juga cukuplah mudah, cuma memang agak tersembunyi. Setiap kali kita membuat sebuah form di Google Docs akan juga dibuatkan sebuah file bertipe sheet dengan nama yang sama dengan formulirnya tapi ditambah dengan (Responses). Silahkan buka file ini kemudian klik menu Tools dan selanjutnya pilih Notification rules….

google-form-tools

Jendela popup Set notification rules akan terbuka.

google-form-notification-rules

Aturan pertama untuk kejadian apa anda akan diemail, anda bisa menentukan antara perubahan apapun yang terjadi (Any changes are made) atau pada saat ada pengguna yang mengisikan dan mengirimkan formulir anda (A user submits a form). Aturan kedua adalah kapan anda diemail, opsi pertama adalah per hari dan dijadikan satu (Email – daily digest), sedangkan opsi kedua adalah saat itu juga (Email – right away). Saya sarankan yang kedua kalau ini, kita tidak ingin terlambat menjawab bukan?

Sekarang anda akan tahu setiap kali ada orang yang mengisi formulir atau survey anda di Google Form berdasarkan notifikasi yang dikirim ke email anda.

25 pemikiran pada “Cara mengaktifkan pemberitahuan email di Google Form”

    • Halo Rahma, kalau dari Google Sheetnya sendiri cuma menyediakan notifikasi untuk pemilik akun/formnya. Semisal anda ingin membuat pemberitahuan email untuk 2 atau lebih tujuannya saya cuma terpikir sementara agar anda membuat forwarding rule di Gmail anda. Jadi nanti email dari notifikasi pengisian Google Form akan otomatis diforward ke daftar alamat email yang anda tentukan.

  1. saya sudah lakukan spt di atas dan email notivikasi..
    sementara ketika sy buka lewat android di arahkan ke google drive..tapi g bisa buka isi tanggapan yang dikirim..yang kebuka malah form nya doang..tanggapannya g bisa kebuka..kenapa y?

    Balas
    • Halo Furqon, rasanya aplikasi default di Android anda otomatis membuka link ke Google Docs/Drive menggunakan appnya. Coba buka Settings > Apps > Google Drive > Clear Defaults mas.

    • Kak, kan pemberitahuannya udah aku sambungin ke email. Nah, di email tu ada inbox dari pendaftar google form. Cara melihat siapa aja yg daftar gimana ya kak? Soalnya pas aku klik tanggapan malah masuknya ke form nya itu.

    • Maksudnya seperti email atau nama dari yang mengisi formulir mas? Ya tidak ada kecuali mas membuat fieldnya dalam form, kalau ga diminta ya ga dikoleksi intinya.

  2. Saat ini perlu script di Google Form mas. Mungkin akan saya buatkan tutorialnya segera.

    ditunggu untuk yang satu ini sangat penting, agar kita fast respon untuk ngasih jawaban kepada para pengisi form online tsb, dan jg mendandakan ke pengisi form online bahwa data tsb sudah diterima

    salam

    Balas
  3. Salam mas Chandra, saya sudah buat form isian di google form bahkan sudah saya jadikan apk, nah saya ingin ada notifikasi pop up secara berkala bagi rekan2 yang sudah install apk(google form) tersebut sebagai reminder kepada mereka untuk segera ngisi formnya, bagaimana caranya ya

    Balas
    • Maksudnya notifikasi ke pengisi formnya? Setahu saya Google Forms belum ada fitur seperti itu, mungkin yang versi bayar ada mas.

  4. mohon informasinya, jika kita menggunakan google form setelah submit bagaimana pengirim tahu jika datanya sudah masuk? apa bisa ada notifikasi ke sipengirim, karena banyak yang submit sampai dua kali atau lebih karena ragu datanya blm masuk?

    Balas
  5. Malam pak, saya mau tanya. Kalau cara hikin email konfirmasi setelah submit form gimana ya? Sama googling bisa menggunakan script yang di spreedsheet tapi pas saha klik malah gak bisa di buka itu kenapa ya? Terimakasih

    Balas
    • Apakah bisaaa, kita pemilik gform mengetahui IP, lokasi, perangkat yg digunakan pengisi gform tanpa input email didalam gform nya
      Apakah bisa?
      Karna banyak yg mengisi gform dengan asal2an

  6. Minta tolong ya…
    Ini ana lagi bingung, respondrn bilang sudah terkirim bshkan ada scorenya tapi teryata data tidak tersimpan digoogle form. Bagaimana ya

    Balas

Tulis komentar...