Membuat form di Google Docs

Salah satu rekan saya menanyakan apakah ada cara mudah untuk mengambil data dari ratusan orang dalam waktu tertentu tanpa memiliki kemampuan pemrograman dan database atau semacamnya. Saya tahu bahwa Google Docs mampu melakukannya, walaupun sebelumnya saya tidak pernah membuat sebuah form atau survei menggunakan Google Docs dan ternyata sangatlah mudah.

Kabar baiknya anda bisa membuat form sederhana tanpa pemrograman atau database. Berikut langkah – langkahnya. Form yang anda buat akan otomatis dihubungkan dengan sebuah spreadsheet yang dibuat secara otomatis oleh Google Docs. Data yang pengguna masukkan ke dalam form akan otomatis dimasukkan ke dalam tabel yang anda bisa simpan dalam berbagai macam format termasuk Microsoft Excel, PDF, Open Document ODS atau Comma Separated Values CSV.

Untuk membuat sebuah form baru, buka situs Google Docs dan pilih Create > Form pada menu diatas. Ini akan membuka pembuat form sederhana yang akan anda gunakan. Pertama anda akan mengisi nama form ini dan penjelasannya yang akan orang -? orang baca saat mengisi form ini.

Google Docs create form

Satu unit selalu terdiri dari pertanyaan, kata – kata bantuan yang akan memberikan penjelasan lebih lanjut(tidak wajib diisi), dan jenis pertanyaannya. Bentuk form yang paling dasar adalah pertanyaan tulisan, yang hanya terdiri dari sebuah isian jawaban yang orang – orang bisa mengisinya dengan tulisan. Google Docs juga mendukung tipe lain dari pertanyaan seperti checkbox(centang), tulisan paragraf untuk jawaban panjang, pilihan ganda, skala atau grid(tabel).

Google Docs edit form

Anda bisa memasukkan item baru di menu atas atau mengubah tema form dari polos(plain) ke tema lainnya. Tema bisa mengubah skema warna dan background dari form.

Google Docs form menuSetelah selesai membuat form, klik tombol save untuk menyimpannya. Jika anda melihat kata “saved” itu berarti Google Docs otomatis menyimpan dokumen sehingga anda tidak perlu repot – repot menyimpannya sendiri.

Link dari form ini akan ditampilkan di bagian bawah halaman. Anda bisa membagikan link secara manual seperti posting di website anda atau forum, atau menggunakan Google+ atau pilihan email di menu atas.Google Docs form link

Tanggapan dari survei bisa diakses melalui halaman ini juga atau melalui halaman utama Google Drive anda yang secara otomatis akan dibuat oleh Google Docs.

Google Docs form result

Di halaman ini anda juga bisa menyimpan form dalam berbagai macam format menggunakan pilihan menu File > Download As, ubah data langsung, menambahkan atau mengubah item yang ada, menambahkan grafik atau tambahan lain pada form. Orang – orang yang mengisi form tanpa perlu memiliki account di Google sehingga mempermudah partisipasi.

Tulis komentar...