Cara mengaktifkan SSL di Blogspot

Menyusul CloudFlare yang telah menyediakan SSL gratis untuk setiap domain yang terdaftar ke layanannya maka sekarang Blogspot juga bisa mengaktifkan fitur yang sama tanpa biaya apapun. Saya sendiri baru sadar saat iseng – iseng melihat dasbor blog di Blogger. Haha. 😀

Cara memasangkannya di blog anda juga sangat mudah, silahkan buka setelannya seperti biasa dan geser kebawah sampai anda menemukan opsi Setelan HTTPS, ubah setting Ketersediaan HTTPS dari Tidak menjadi Ya settingnya dan selesai. Setelah ini alamat blogspot anda akan otomatis menggunakan HTTPS saat diakses pengunjung.
Peringatan: HTTPS tidak akan tersedia untuk blog dengan domain khusus.  Mengaktifkan Ketersediaan HTTPS akan memungkinkan pengunjung melihat blog Anda melalui sambungan terenkripsi dengan mengunjungi https://uteknocom.blogspot.com. Saat ini, fitur tersebut hanya didukung untuk blog domain Blogspot.
Tapi fitur ini hanya berlaku untuk subdomain blogspot dan tidak bisa diterapkan pada yang menggunakan custom domain. Walaupun ada kekurangan ini tapi karena gratis dan cuma satu klik saja mengaktifkannya bisa dikatakan tidak ada ruginya, apalagi ranking Google memperhitungkan penggunaan SSL.

Semoga bermanfaat. 🙂

8 pemikiran pada “Cara mengaktifkan SSL di Blogspot”

    • Error seperti apa ya mas? Kalau redirectnya sih otomatis dan untuk trafik pengunjung saya amati tidak beda jauh dari hari – hari biasanya. Paling ada masalah kalau dalam halaman HTTPS ada konten HTTPnya seperti gambar, ini akan muncul peringatan Mixed Content Warning.

    • Nah error yang mas sebutkan tadi, Mixed Content Warning. Berarti harus edit satu persatu gambar yang menggunakan http menjadi https. Mau tanya sekalian nih mas :
      1. Apakah javascript dan css dalam template blog harus diganti menjadi https juga ya? Url gambar dan url video juga harus diganti menjadi https juga?
      2. apakah fitur https ini sudah di redirect otomatis?
      3. apakah dengan menggunakan fitur https akan mempengaruhi seo sebuah blog?
      4. Apakah ada tips atau trik untuk mengatasi error yang mas sebutkan td?

      Maaf mas kalau saya banyak tanya.. hehehe. Kiranya mas berkenan menjawab pertanyaan saya. Sebelumnya terima kasih atas jawabannya.. 🙂

    • Betul mas, terpaksa edit satu – satu supaya semua link gambarnya jadi HTTPS, sekarang masih peringatan tapi kedepannya akan jadi error kabarnya.
      1. Betul mas, semua konten yang bukan HTTP harap digantikan menjadi HTTPS.
      2. Untuk Blogspot sudah otomatis dialihkan mas.
      3. Kabarnya sih iya, tapi dari blog saya yang lain dan mungkin karena trafiknya masih imut kok ga ada bedanya ya. Haha. 😀
      4. Ya ga ada mas kecuali ganti kontennya menjadi HTTPS juga. 🙂

Tulis komentar...