Cara mengaktifkan Telnet di Windows

Jadi pagi ini saya membutuhkan akses telnet ke modem Speedy untuk mengetahui username dan passwordnya, dan ternyata malah muncul pesan “‘telnet’ is not recognized as an internal or external command, operable program, or batch file.”. Wah… mau memperbaiki koneksi internet kok malah muncul masalah lain yang perlu diatasi sebelumnya.
Setidaknya kalau problem telnet tidak bisa digunakan atau tidak dikenali di command prompt Windows masih mudah solusinya.

telnet-is-not-recognized

Mengaktifkan fitur telnet melalui Control Panel

Pertama anda perlu membuka Control Panel. Cari Program and Features.
windows-7-control-panel-program-features
Selanjutnya di menu sebelah kiri klik “Turn Windows features on or off”.
windows-7-program-features

Jendela Windows Features akan muncul, cari Telnet Client, beri centang dan klik OK untuk menghidupkan dukungan Telnet di Windows.
windows-7-windows-features-telnet-client

Silahkan tunggu proses pengaktifannya sesaat, tidak lama kok.

Mengaktifkan dukungan Telnet melalui command prompt

Ini malah lebih mudah lagi, panggil command prompt kemudian ketikan perintah pkgmgr /iu:”TelnetClient” dan tekan ENTER.
command-prompt-pkgmgr-iu-telnetclient
Selesai!

Setelah mengaktifkan fitur Telnet maka anda sekarang sudah bisa menggunakannya dengan normal di command prompt.

37 pemikiran pada “Cara mengaktifkan Telnet di Windows”

    • Selamat pagi Lisa, maksudnya setelah mendapatkan nomor pelanggan dan password Telkom Speedy mau diapain telnetnya? Singkatnya sih terserah anda, dibiarkan hidup fiturnya pun aman kok, karena hanya akan aktif saat anda mengetikkan perintahnya di command prompt. Tidak memberatkan kerja komputer juga.

  1. mas kalo sudah diisikan telnet 192.168.1.1 terus di cmd muncul PASSWORD ? gimana ? haha ini kaya y dah di setting sama orang speedynya ya .. #kasih solusi

    • Selamat pagi Tia, langsung isikan password untuk modemnya (yang akun admin). Memang ada beberapa tipe telnet yang langsung menanyakan apa passwordnya. #SemogaBenar ๐Ÿ˜€

  2. Saya sudah coba mengaktifkan fitur telnet melalui Control Panel, tp pada saat saya klik โ€œTurn Windows features on or offโ€ tidak muncul daftar telnet client pada Jendela Windows Featuresnya. Mohon bantuannya

    • Halo Sinta, ada berapa perangkat yang terhubung? Kalau lebih banyak apa yang terjadi? Kalau tanpa detail lebih lanjut saya berasumsi ini dibatasi dari setting DHCP servernya. Jumlah kliennya memang bisa dibatasi dari sini dan kuota alamat IP dari DHCP juga bisa berpengaruh.

    • Halo Jimi, ini terkunci karena anda tidak tahu password administratornya ya? Kalau anda membutuhkannya untuk akses Telnet untuk setting modem maka solusi alternatifnya bisa menggunakan program alternatif seperti PuTTY.

    • Selamat Ichsan, wah… ya tergantung ini mau login ke apa dan apa bisa membuat user telnet mas. Saya sendiri tidak bisa membantu. ๐Ÿ™ Mungkin user root ada.

  3. sore mas, mohon petunjuknya, langkah yg sy harus ambil ketika sy sdh mencoba masuk mengetik Connecting to 192.168.1.1 yg muncul seperti ini Connecting to 192.168.1.1…. could not open connection to the host, on port 23: connet failed.
    ini sy masuk kemana lg mas?

  4. Mas kalo saya sudah aktifin telnetnya dari control panel, tapi pas masuk cmd dan ngetik telnet sama ip ko keluarnya malah jawaban yang telnetnya belom dinyalain ya?

  5. saya sudah berhasil tapi pas masukin password ga bisa ketik apa2…kalo username bisa diketik..giliran masukin password no respon ketik apapun.. Itu kenapa ya?

    • Memang seperti itu mas. Tetap saja ketik seperti biasa dan ENTER kalau sudah. Sistemnya sama dengan login Linux lewat terminal.

  6. Mas klo saya selesai ketik telnet 192.168.1.254 (karena gateway saya 192.168.1.254), truss di cmdnya bilang:
    “Connecting To 192.168.1.254…Could not open connection to the host, on port 23: Connect failed”

    truss klo coba telnet 192.168.1.1 dibilang :
    “Connecting To 192.168.1.1…Could not open connection to the host, on port 23: Connect failed”

    Gimana ya?

Tulis komentar...