Cara mengatasi The Audio Service is not running

Ini sebenarnya kasus lama saat membetulkan laptop keponakan saya, jadi entah mengapa suaranya tidak keluar dan di pojok kanan bawah ada icon speaker disilang merah. Tampaknya ada error di Windows 7 dengan pesan kesalahan “The Audio Service is not running”. Agak bingung juga sebelumnya normal tapi kok tiba – tiba bermasalah.

Untungnya pesan dari error ini cukup jelas yaitu layanan audio Windows tidak berjalan, dan solusinya sendiri bisa dilakukan dengan mudah. Silahkan jalankan pengaturan Services di Windows, ini bisa melalui System Configuration (msconfig.exe) atau services.msc. Keduanya bisa dipanggil dengan menjalankan run command (Windows+R) dan isikan nama programnya.
windows-7-audio-service-is-not-running

Disini saya menggunakan yang services.msc, cari Windows Audio dan pastikan tidak dalam keadaan Stopped – kalau iya maka hidupkan kembali dengan klik kanan dan memilih Start. Pastikan tipe Startupnya (klik kanan > Properties) diubah juga menjadi Automatic, jangan sampai Disabled.
windows-7-windows-audio-services

Selanjutnya silahkan restart Windows, seharusnya sudah normal kembali dan suara akan muncul seperti biasanya. Anda sudah berhasil mengatasi “The audio service is not running”. Kalau anda mengalami kesulitan dalam memperbaiki hal ini silahkan ditanyakan, atau malah muncul pesan error lainnya saat berusaha menjalankan Windows Audio.

111 pemikiran pada “Cara mengatasi The Audio Service is not running”

  1. Kang PC saya window 8 nah di sini saya udah masang speaker tapi gk kedetec dan pas tak scan problemnya drivenya gk kepasang padahal udah ada realtek,dan yg ke detek cuman realtek digital output sedangkan speaker tidak ke detec

    Balas

Tulis komentar...