Cara mengatasi Fatal Error: Maximum execution time of 30 seconds is exceeded

Kalau anda sedang berurusan dengan PHP kadang akan menemukan pesan error “Fatal Error: Maximum execution time of 30 seconds is exceeded in C:\wamp\www\wordpress\install.php on line 618” baik dalam localhost menggunakan XAMPP atau WAMP, juga kalau situs anda online pada web hosting.

Arti pesan kesalahan ini adalah kode PHP yang dijalankan memakan waktu lebih dari 30 detik dan masih belum selesai sehingga terpaksa dihentikan karena telah melewati batas waktu yang telah ditentukan, bisa juga berapa lama waktunya berbeda – beda tergantung settingnya.

php-fatal-error-maximum-execution-time-30-seconds-exceeded

Solusi pertama tentu adalah memperhatikan kode apa pada baris yang diinformaskan dan sedang dieksekusi oleh PHP yang membutuhkan waktu lama untuk memprosesnya, kalau anda seorang web programmer maka silahkan coba mengoptimalkan atau memperbaikinya.

Bagaimana kalau anda hanya menjalankan CMS (Content Management System) dan tidak tahu menahu bagaimana cara mengatasinya? Membaca kode PHP saja sudah pusing, apalagi membetulkannya – bisa rusak semua nantinya. 😀

Solusi alternatifnya adalah dengan meningkatkan batas waktu eksekusi program PHP.

Localhost

Kalau web server yang anda gunakan masih di localhost maka cari file php.ini (kalau di WAMP berada di C:\wamp\bin\apache\Apache2.4.4\bin\php.ini atau di C:\wamp\bin\php\PHP5.4.16\php.ini, kalau anda menggunakan XAMPP mungkin tidak jauh berbeda lokasinya) dan cari max_execution_time kemudian ubah isi nilainya.

php-ini-max-execution-time

Satuan yang dipakai dalam parameter ini adalah detik, jadi kalau 60 berarti 60 detik atau 1 menit.

Shared hosting

Bagaimana bila error ini terjadi pada hosting website anda? Jika anda menggunakan shared hosting memang biasanya ada batasan penggunaan resource hosting, karena memang dibagi – bagi terhadap banyak akun dan website yang ada dalam server. Maka solusinya anda tinggal membuat file php.ini, isikan dengan kode diatas dan upload menggunakan FTP ke web hosting anda. Tempatkan pada satu folder dengan script PHP yang bermasalah tadi.

Masih bermasalah juga? Mau tidak mau anda harus menghubungi support dari web hosting anda untuk meminta bantuan meningkatkan waktu eksekusi kode PHP sementara sehingga tugas anda bisa dikerjakan dengan lancar.

Tulis komentar...