Cara mengatasi gagalnya install Java di Windows

Setiap kali anda mencoba install Java di Windows muncul pesan bahwa Java telah terinstall di komputer anda sehingga proses instalasi Java tidak bisa dilanjutkan. Padahal anda yakin bahwa Java tidak terinstall atau sudah dihapus. Walaupun anda sudah berusaha membersihkan registry, masalah tidak bisa install Java ini masih berlangsung.

Saat menjalankan installer Java anda akan menemukan pesan peringatan “This software has already been installed on your computer. Would you like to reinstall it?“.

Bila anda memilih Yes pada pilihan diatas untuk menginstall ulang Java maka akan muncul pesan peringatan berikut “This action is only valid for products that are currently installed.“.

Masalah ini disebabkan oleh rusaknya informasi instalasi Java sebelumnya entah karena terhapus atau korup, tapi kunci registry yang berhubungan masih tersisa sehingga membuat installer Java mengira bahwa Java masih terinstall di komputer anda. Silahkan ikuti instruksi dibawah untuk memperbaiki instalasi Java yang gagal ini.

Metode 1: Menggunakan aplikasi

Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Java MSI Fix untuk membetulkan gagalnya instalasi Java ini. Cukup download dan jalankan, akan muncul jendela persetujuan – klik “I Agree” untuk menggunakan software ini.

javamsifix-agreement

Bila anda perhatikan hanya ada satu tombol disini bernama “Click To Fix”, dan tombol inilah yang harus anda tekan untuk memperbaiki Java yang rusak di komputer anda.

javamsifix-

Sebaiknya anda melakukan restart komputer setelah menerapkan perubahan dari perbaikan Java, baru kemudian mencoba lagi install Java.

Metode 2: Menggunakan script Batch

Bila cara diatas belum berhasil, silahkan anda gunakan script Batch berikut : JavaInstallerFix.bat.

Setelah menjalankan file .bat diatas, segera ke folder lokasi instalasi Java dan hapus semua isinya sebelum mencoba lagi proses instalasi Java. Lokasi Java di Windows XP : C:\Program Files\Java dan versi Windows yang lebih baru (Vista, 7, 8): C:\Program Files (x86)\Java.

Metode 3: Menggunakan registry

Isi Perintah dari file bat diatas menghapus key yang berhubungan dengan Java di registry, bila anda tidak yakin menjalankan script Java diatas maka anda bisa mengakses registry secara manual dan hapus kedua entry registry berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\JavaSoft\Java Runtime Environment
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\wow6432node\JavaSoft\Java Runtime Environment

windows-registry-javasoft

Proses selanjutnya sama dengan menggunakan bat, hapuslah file instalasi Java di Program Files sebelum mengulangi proses instalasi kembali.

86 pemikiran pada “Cara mengatasi gagalnya install Java di Windows”

  1. gan., tolong dong, kok saya berulangkali download JDK di web oracle susah banget yah? akun yang saya masukan berulang kali invalid bahkan create email akun baru juga hasilnya sama. tolong dong., udh prustasi nih

    Balas

Tinggalkan komentar