Cara mengatasi “‘javac’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file.”

Ceritanya salah satu kenalan saya sedang belajar mengenai pemrograman Java semester ini di perkuliahannya, dan walau ia sudah merasa sudah mengikuti langkah – langkah dengan seksama tetap muncul pesan error “‘javac’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file.“. Dan akhirnya meminta bantuan saya untuk mengatasinya.

Pesan kesalahan ini disebabkan Windows tidak mengenali perintah javac (java compiler) yang berfungsi mengkompilasikan source code Java menjadi program, singkatnya dari ekstensi .java menjadi .jar. Kalau ingin menjadikan exe lain lagi kasusnya.
javac-is-not-recognized

Dari pengalaman saya masalah ini paling sering muncul karena kesalahan jenis Java yang diinstall, jadi yang diinstall adalah Java Runtime Environment (JRE) yang digunakan untuk menjalankan program yang dibuat dengan Java bukannya Java Development Kit (JDK) yang dipakai untuk mengembangkan software berbasis platform Java. Solusinya? Silahkan install JDK untuk Windows. Mudah bukan?

jdk-8-download

Jangan lupa pilih jenis dan versi JDK yang sesuai dengan kebutuhan anda. Misal di kuliah anda butuh JDK 7 jelas jangan download yang JDK 8.

Alternatifnya, dan ini memang yang lebih repot memperbaikinya tapi termasuk mudah adalah belum disettingnya variabel PATH Windows mengarah ke folder JDK yang sudah terinstall tadi. Anda bisa mengeceknya dengan menjalankan System Properties yang bisa diakses melalui Control Panel, pindahkan ke tab Advanced dan klik tombol Enviroment Variables.
windows-7-system-properties-advanced

Semestinya anda akan menemukan PATH dalam kotak System variables. Silahkan didouble-click atau klik Edit untuk membukanya.
windows-7-environment-variables

Tambahkan lokasi folder bin dari instalasi JDK yang berisi javac dalam kotak Variable values. Jangan lupa pemisahnya antar variabel adalah ; (titik koma) dan baru anda isikan. Disini contohnya adalah “C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_17\bin”.
windows-7-edit-system-variable-path

Kalau sudah klik saja OK untuk menyimpan konfigurasi barunya. Untuk memastikan Windows sudah mengenali variabel Path baru ini silahkan direstart komputernya. Niscaya error “‘javac’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file.” ini sudah berhasil diperbaiki.

Semoga membantu. 🙂

2 pemikiran pada “Cara mengatasi “‘javac’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file.””

    • Halo Retno, hmmm coba dijelaskan dulu mbak:
      1. Ini menjalankan program apa?
      2. Anda sudah install Java versi berapa?
      3. Menggunakan Windows apa?

Tulis komentar...