Cara mengatasi “Logon Process Initialization Failure” di Windows

Saat menyalakan komputer bukannya booting masuk ke Windows 7 malah muncul pesan error “Logon Process Initialization Failure” dan ditemani dengan layar kosong berwarna hitam lengkap dengan kursor mouse yang setia. Bagaimana cara mengatasinya?

Pesan error ini selengkapnya adalah seperti berikut:
Logon Process Initialization Failure
Interactive logon process initialization has failed.
Please consult the event log for more details.

Kesalahan ini disebabkan gagalnya Windows dalam menjalankan proses Automatic Logon dan ada beberapa metode yang bisa anda coba untuk memperbaiki masalah ini.

Restart komputer

Ya, umumnya masalah ini bersifat sementara dan cukup lakukan restart saja biasanya Windows akan kembali normal.

Cek integritas file sistem Windows

Anda bisa mencoba menggunakan System File Checker untuk melakukan verifikasi dan perbaikan system file di Windows. Cara menjalankannya adalah dengan System Recovery, pilih Command Prompt dan ketikkan sfc /scannow.
windows-7-sfc-scannow

Install Hotfix

Tampaknya masalah ini cukup sering terjadi karena Microsoft sampai menyediakan catatan sendiri pada KB2615701, dan anda bisa menginstall file Hotfix dengan kode 379793. Pilih download yang sesuai dengan jenis sistem operasi Windows anda. x86 untuk 32-bit, x64 untuk 64-bit, dan ia64 untuk beberapa jenis prosesor Intel 64-bit.

microsoft-hotfix-379793

Nah bagaimana caranya menjalankan program kalau tidak bisa masuk Windows? Disini anda perlu menggunakan komputer lain dan pasang harddisknya disana, kemudian jalankan hotfix diatas.

Timpa file yang rusak dengan yang baru

Anda bisa juga menggantikan file “C:\windows\system32\logonUI.exe” dan “C:\windows\system32\winlogon.exe” pada Windows yang bermasalah ini dengan file dari Windows lainnya yang tidak rusak. Kalau masih belum bisa sekalian tukar “C:\windows\explorer.exe” juga.

Anda bisa mencoba satu atau semua solusi diatas, dari pengalaman pribadi restart saja sudah cukup. Paling repot ya dengan menukar file – file yang rusak di Windows 7 atau 2008.

30 pemikiran pada “Cara mengatasi “Logon Process Initialization Failure” di Windows”

    • Halo mbak Dessy,
      Untuk masuk system recovery bisa dicoba salah satu:
      1.Tekan tombol F8 sebelum loading Windows,dalam safe mode biasanya ada menu bernama “Repair your computer”.
      2.Gunakan DVD installer Windows, booting ke dalamnya dan nanti akan ditemukan opsi untuk memperbaiki komputer anda.
      Keduanya nanti mengarah ke System Recovery.

    • Halo Yogi, boleh tahu kesulitan dalam menggunakan cara yang mana?

      Dasarnya yang perlu anda lakukan adalah memperbaiki file logonui.exe, winlogon.exe, dan (opsional) explorer.exe. Ini bisa melalui install hotfix, silahkan anda coba melalui safe mode terlebih dahulu. Terakhir adalah replace saja file – file tersebut dengan yang baru, ini bisa menggunakan komputer lain atau booting dari DVD kemudian copy-paste file yang dimaksud.

    • Selamat sore Nur,

      Nah ini masalahnya, tergantung saat install Windows anda mengisikan password administratornya apa. Semoga saja anda ingat atau malah tidak memberi password pada akun adminnya, coba saja langsung tekan ENTER bisa tidak.

    • Selamat pagi Andrie, maksudnya booting ke DVD installer untuk mengganti file – file diatas? Kalau kerepotan maka saya sarankan untuk melepas harddisk dan dipasangkan di komputer lain, baru anda copy-kan file – file yang rusak.

    • Selamat pagi Adi, bisa kok tanpa menggunakan DVD setup Windows, alternatifnya anda bisa membuat bootable USB Flashdisk untuk installer Windowsnya – siapkan saja file ISO Windows dan bisa menggunakan WinToFlash atau Rufus.

    • Halo Mohan, jadi semua solusi diatas sudah dicoba dan gagal mas maksudnya? Sementara saya cuma terpikir untuk menggunakan System Repair Disc – tapi ini belum tentu anda memilikinya, atau terpaksa install ulang.

    • Halo Diana, wah… ya repot mbak. Pinjam USB Installer Windows dari teman saja mbak. Solusi ini untuk memperbaiki file yang korup karena itu perlu installernya.

    • Halo Rafi, ini di Windows apa ya mas? Sudah coba menimpa file – file yang saya tuliskan diatas? Dari Windows yang sehat tentunya.

  1. Mas punya saya os windows 10 Toshiba satellite c605 malah muncul winlogonui.exe dan saya gk bisa masuk ke windows malah loading biru dan layar kedap kedip mohon bantuanya mas terima kasih

    Balas
    • Halo David, pakai command prompt di recovery mode mas. Perlu boot ke installer Windows ini. Atau bisa dilepaskan harddisknya dan pasang ke komputer lain.

  2. Klo punya sya ..sama tpi sudah di restar..di matiin.sampe di banting pun..dia ttap saja g bisa masuk..
    Pleacee min sngat berharap bntuanya

    Balas

Tulis komentar...