Cara mengatasi “wermgr.exe – Application Error” di Windows

Di salah satu komputer yang saya tangani kadang muncul pesan error dari aplikasi wermgr.exe atau Werfault.exe, kedua pesan kesalahan ini menampilkan informasi yang sama cuma beda aplikasinya saja. Kalau dibiarkan memang tidak terjadi apa – apa, tapi akan muncul kembali secara rutin kalau tidak diatasi.

Error ini secara lengkap akan seperti berikut isi peringatannya:

wermgr.exe – Application Error

The instruction at 0xfcf21420 referenced memory at 0xfcf21420. The memory could not be written.
Click OK to terminate the program

Catatan : isi errornya biasanya sama baik dari wermgr.exe atau Werfault.exe, jadi solusinya juga akan sama.

Error ini berarti ada pada bagian tertentu pada memori komputer yang tidak bisa ditulis, ini bisa berarti ada kerusakan pada RAM anda atau bagian tersebut sedang digunakan oleh aplikasi lain sehingga tidak dapat diambil alih. Werfault.exe dan wermgr.exe berasal dari service yang sama yaitu Windows Error Reporting, fungsinya adalah untuk melaporkan adanya error di Windows.

Solusinya? Matikan saja layanan Windows Error Reporting Service ini.

Cara mematikan layanan Windows Error Reporting

Menonaktifkan laporan error Windows ini aslinya cukup mudah, pertama bukalah terlebih dahulu dialog Run di Windows dengan menekan tombol Windows + R. Ketikkan services.msc dan tekan Enter.

windows-7-run-services-msc

Geser halaman service Windows sampai menemukan Windows Error Reporting Service kemudian lakukan double clik atau klik kanan dan tekan Properties.

windows-7-services

Pada properties dari Windows Error Reporting Service ini ubah Startup Type ke Disabled untuk mematikannya, atau anda juga bisa menghentikannya dengan menekan tombol Stop.

windows-7-windows-error-reporting-service-properties

Jangan lupa klik Apply dan OK untuk menerapkan modifikasi terhadap layanan pelaporan error Windows ini. Sekarang jendela peringatan error wermgr.exe dan Werfault tidak akan muncul kembali di komputer anda. Kalau anda membutuhkan Windows Error Reporting Service cukup balik proses mematikannya.

Menghentikan Windows Error Reporting Services lewat command prompt

Kalau anda tidak bisa mengakses services.msc coba manfaatkan command prompt Windows untuk mematikan prosesnya. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengetik net stop wersvc seperti gambar dibawah.

windows-7-command-prompt-net-stop-wersvc

Secara pribadi sih saya tidak pernah menyalakan layanan Windows Error Reporting ini, karena yang dilakukannya adalah melaporkan error yang terjadi pada komputer anda ke Microsoft. Karena tidak ada efek positif langsung pada masalah yang dialami komputer saat terjadi error saya menyimpulkan hal ini kurang berguna. Kalau dimatikan selain masalah ini teratasi juga memori dan prosesor yang terpakai akan sedikit berkurang.

69 pemikiran pada “Cara mengatasi “wermgr.exe – Application Error” di Windows”

  1. kasus di laptop saya servis.msc juga tidak bisa running lsg di close sama werfault.
    kalau sudah begini bagaimana caranya?? mohon pencerahannya???+

    Balas
    • Wah… kalau services.msc-nya ga jalan coba discan dulu ada virusnya atau tidak.

      Menjawab pertanyaan anda saya sudah update artikelnya dengan cara mematikan Windows Error Reporting Service melalui cmd. Semoga ini bisa menjadi solusi,

    • Halo mas Farid, mengenai manfaatnya mematikan Windows Error Reporting Services sudah sekilas saya bahas di akhir artikel. Tapi akan saya coba jabarkan lagi biar lebih mudah dipahami:

      1. Tidak muncul lagi pesan kesalahan wermg.exe dan werfault.exe, dan error lainnya yang menggunakan layanan ini. Bukan berarti semua error itu mengganggu tapi.
      2. Kebutuhan memori akan berkurang sedikit karena layanan pelaporan error ini dimatikan.
      3. Privasi komputer anda lebih terjaga karena tidak ada informasi yang dilaporkan ke Microsoft

      Kerugiannya:

      1. Karena tidak ada layanan pelaporan error kadang ada kode kesalahan yang kurang jelas.
      2. Tidak adanya Windows Error Reporting Services ada kemungkinan error Windows tidak bisa diperbaiki oleh Microsoft. Tapi jarang sekali layanan Microsoft ini bisa membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi.

      Mungkin masih ada yang lain, setidaknya ini adalah beberapa poin yang terpikir sekarang. Kesimpulannya (menurut saya pribadi) adalah lebih banyak manfaatnya daripada ruginya. Tapi keputusan ditangan anda tentunya.

    • Halo mas Wahyu, tidak bisa masuk Windows ini seperti apa ya? Kalau tidak keberatan mohon screenshotnya. Tampaknya dari deskripsi kondisi Windowsnya lebih baik dicoba menggunakan metode mematikan Windows Error Reporting Service melalui command prompt, bedanya coba gunakan Safe Mode.

  2. help me… gara-gara werfault.exe-aplication error… monitorny jd ngeblank cma ada pointer kursor z.. layar mati total.. sya restrart.. n coba opent task manager gbs…

    Balas
    • Halo mbak Yunita, kalau yang muncul cuma kursor mouse dan background hitam itu saya sudah pernah membahas solusinya. Sudah saya tuliskan cara permanen dan daruratnya. Semoga berhasil.

  3. Kalo saya errornya kaya gini mas, ‘The application was unable to start correcly (0xc000007b) Click OK to close application’
    itu solusinya gimana ya?
    Terima kasih.

    Balas
  4. Saya ada masalah sama Virus Trojan, virusnya berforma .exe, jadi selalu running, kalau hapus foldernya harus end task dulu virusnya, masalahnya di sini setiap saya delete file virusnya selalu kembali. ini nama .exenya [cydew.exe]

    Balas
    • Selamat malam Bintang, berarti virusnya sedang aktif prosesnya. Menggunakan antivirus apa anda kok tidak mampu mendeteksi dan menghapusnya?

      Silahkan coba cara berikut:

      1. Masuk ke dalam Safe Mode.
      2. Kemudian jalankan antivirusnya dan scan untuk membasmi semua file yang sudah terinfeksi virus.

      Tentunya siapkan dahulu software antivirusnya terlebih dahulu, install dan update ke definisi terbaru baru lakukan pencarian. Ini dengan asumsi virus tersebut tidak menginfeksi file sistem operasi Windows.

      Silahkan cek juga proses startup yang terdaftar dan juga service yang berjalan untuk memastikan virus ini tidak otomatis berjalan lagi.

  5. komputer sy setiap kali shut down / restart, muncul cmd.exe-aplication error,,‘The application was unable to start correcly (0xc0000142) Click OK to close application’,,mohon solusi dan pencerahannya mas Chandra

    Balas
  6. Selamat pagi mas Chandra, Step by step sudah saya lakukan seperti apa yang mas sampaikan, tapi monitor laptop saya masih blank (hitam) dan tetap muncul

    wermgr.exe – Application Error

    The instruction at 0xfcf21420 referenced memory at 0xfcf21420. The memory could not be written.
    Click OK to terminate the program

    Tolong solusinya mas.. terimakasih.

    Salam hangat,

    Balas
    • Selamat pagi Fuad, ini layarnya tetap hitam walau sudah ditutup pesan errornya mas? Bagaimana kalau masuk ke Safe Mode apakah tetap ada? Oh ya, ini menggunakan Windows apa berapa bit?

  7. Selamat pagi gan, lepi ane gak bisa buka aplikasi apapun dan muncul tulisan seperti ini

    Werfault.exe Aplication Error
    The instruction at 0x000000007496E118 referenced memory at 0x000000007496E118. The required data was not placed into memory because of an I/O error status of 0x000009c
    Click on OK to terminate the program

    Mohon solusinya gan supaya lepi ane baik lagi, Terimakasih sebelumnya gan.

    Balas
    • Halo Arif, itu tampaknya RAM komputer anda rusak. Coba pindahkan ke slot lain atau bersihkan pin modul memorinya menggunakan penghapus pensil.

    • Haha, oke mas. 🙂 Santai saja, saya sendiri juga dulu tidak langsung bisa kok.

      Jadi maksud saya kemungkinan yang rusak adalah memori komputer anda, bisa disebabkan kontak slot memori dengan modul RAMnya bermasalah karena itu saya anjurkan coba bongkar casingnya dan pindahkan RAM ke slot satunya kalau ada. Sekalian pin memorinya digosok menggunakan penghapus pensil, yang tembaga garis – garis itu mas nanti dipasangkan ke slotnya.

      Kalau anda ragu coba minta bantuan teman yang lebih mahir atau langsung teknisi saja. Ini besar kemungkinan kerusakan hardware, tapi belum tahu separah apa.

  8. Hallo gan, intructionnya itu 0x0004d5a8 memory at 0x0006f1ff
    saya sudah coba cara itu tapi kok tetap muncul ya
    Toolong dijawab, terima kasih

    Balas
    • Halo, wah… tampaknya memori komputer anda rusak mas. 🙁 Kalau ini ya… tidak ada cara lain selain mengganti baru. Coba dipindah ke slot lain kalau ada, bersihkan pin tembaganya dengan penghapus pensil juga. Semoga bisa diperbaiki dengan cara sederhana ini.

      Ini munculnya saat sedang apa atau menjalankan program apa? Siapa tahu spesifik per aplikasi.

  9. kak apakah Ada error seperti itu bisa ada tanda2 RAM rusak ? :3

    Edit:

    Laptop saya RAM nya 2GB kak .. terus pas start up langsung kepakai 1,20 GB itu normal atau kelebihan ?

    Balas
    • Halo Akame, memang ada kemungkinan tapi besar kemungkinan masalahnya lain kok. Dicek dulu saja. Soal jumlah RAM langsung terpakai sebesar itu masih wajar kok, menggunakan Windows 7/8 kan? Memang cukup besar, ini di netbook saya (ACER Aspire One D270) juga terpakai 1.1GB tanpa perlu ngapa – ngapain. Tapi anda bisa meringankannya lagi dengan mengoptimalkan proses startup dan service Windowsnya: http://utekno.com/mempercepat-booting-windows-11156

    • Selamat pagi Idham, ini pasti semua program dijalankan error mas? Langsung atau setelah beberapa lama? Wah… kemungkinan RAM anda yang rusak.

  10. Mas saya boleh nanya ga.? 🙂
    Tadi pas saya nyalain lepy saya itu awal nya gq kenapa kenapa.
    tetapi selang bbrapa menit kemudian lepy saya jdi lagh parah lalu paas saya cek di windows start manager ada Werfault.exe itu bkn cuma 1 tapi ada banyak sehingga memakan banyak ram, yang tdi nya free 2gb langsung ke pake full ga tersisa sedikit pun.
    tolong pencerahannya donk mas ^_^

    Balas
    • Halo Kazan, kalau dimatikan permanen werfault dengan mengikuti panduan diatas tidak berhasil mas? Itu muncul banyak karena ada error, coba cek program yang ikut startup Windows.

    • Halo Imron, ini menggunakan browser apa mas? Mozilla Firefox atau Google Chrome? Yang pasti error tersebut karena versi Flash Playernya tidak kompatibel dengan browsernya. Coba dihapus dan menggunakan versi lainnya.

  11. Sudah Saia coba pake command prompt net stop wersvc mas.. yg kelua justru system error 5 has occured
    Access is denied

    Bgmn ini mas? Tq

    Balas
    • Halo Max, anda belum menjalankan command prompt pakai administrator mas. Klik kanan pada shortcutnya dan pilih run as administrator.

  12. halo mas nya mautanya ini ada masala dgn report .exe has been stop trus trusan muncul ketika aku memain kan game EOS ?? apa ada saran dlm mengatasin masalah ini

    Balas
  13. Mas masalah saya sama seperti iswanto , tapisayajuga tidak bisa mengecek virus karena aplikasi nya juga wefault error juga gimana tu mas mohon respond cepat mas

    Balas
  14. mas, ini aku awalnya mirip kaya yang mas jelasin diatas tadi, tapi ternyata malah keluar report lain yang baru waktu aku mau buka file di ms .word gitu dan ms wordnya jadi gabisa dibuka. kira kira ini yag salah dari microsoftnya, laptopnya, atau malah karena ada virusnya ya mas ? .. kurang lebih reportnya gini mas

    DWWIN.EXE-Application error

    the instruction at 0xc0896343 referenced memory at 0xffffffe7. the memory could not be read

    click ok to terminate program

    Balas
    • Halo Jonad, ini di Windows apa ya? Pakai Microsoft Word tahun berapa?

      Memang bisa jadi kena virus juga, coba discan pakai antivirus yang bagus seperti NOD32.

  15. Punya saya begini kak.
    LogonUI.exe-application error
    The instruction at 0x00000001 referenced memory at 0x00000001. The could not be written.
    Click Ok terminate the program.

    Saya sudah coba comand yg ada di atas .
    Ketika saya safe mode . Malah logonui.exe-application error. jadi Explorer.exe-application error..
    Mohon saran dan masukannya.

    Balas
    • Halo Wahyu, ini di Windows apa mas? Rasanya Windowsnya yang korup atau ada file yang rusak apabila lewat Safe Mode saja error.

  16. Mas mau nanya, sebelumnya komp udh sy bersihin lwt safe mode pake combo super anti spyware, hitmanpro, antimalwarebytes, avast, sm smadav, udh hilang semua trojannya. Tapi masalahnya selalu muncul wermgr.exe diikutin werfault.exe, tp isi nya the instruction blabla could not be read, bukan written. Windows error report nya jg sudah disable, tp kok masih muncul ya? Mohon pencerahanny mas. Oh iya sy pake windows 8.1 64 bit

    Balas
  17. mas chandra laptop saya habis muncul werfault.exe – Aplication Error. setelah saya ikuti cara nya chandra melalui service mcs. sy restart muncul lagi SACpt.exe- Aplication Error. solusinya…..? thank

    Balas
    • Bukannya SACpl.exe- Aplication Error? Ini mestinya SmartAudio Control Panel application? Sudah coba diuninstal atau update?

  18. Mas chandra saya mau tanya nih, laptop saya suka tiba-tiba mati dengan muncul kalimat bahwa laptop error dan akan di restart, jdi otomatis ke restart gitu, tapi masalahnya bukannya restart malah mati total.
    selain itu, laptop saya juga suka susah nyala, jdi kalopun udah tekan power on/off malah gagal nyala terus, gimana yah ini mas soalnya mengganggu sekali saya yang lgi nugas utk kuliah menjelang tingkat akhir 🙁

    Balas
    • Windows 10 bang…
      Game nya lost saga klo ga salah…tapi wermgr.exe nya udh ilang sih pas saya coba tips yg diatas,tapi muncul eror baru lagi bang:

      -UpdateChecker.exe
      -Powershell.exe

      Mohon pencerahannya ?

    • Iya mas…Cmn errornya aja ngeganggu…
      Muncul ginian terus mas…

      -Update checker.exe.application error
      The insttuction at 0x00000000660E4A14 referenced memory at 0x0000000077C16D40.The memory could not be written.

      Click On Ok to terminate the program

      -Powershell.exe.application error
      The insttuction at 0x00000000660E4A14 referenced memory at 0x0000000077C16D40.The memory could not be written.

      Click On Ok to terminate the program

  19. Hallo Mas,
    Saya mengalami hal yang sama, dan sudah coba cara diatas. Error tersebut sudah tidak muncul lagi tapi laptop saya lag parah Mas, kursor selalu loading alhasil tidak bisa buka program apa-apa. Mohon bantuannya?

    Balas
  20. Restore werfault.exe file from Windows Installation CD.
    Due to the fact that werfault.exe file is a crucial system process that can be installed automatically when the system is installed on the PC, you may consider restoring it from Windows Installation CD once you have found any problems occur to it.
    1. Insert the Windows installation CD.
    2. Click Start, and then got to Run
    3. Type expand cd Drive: \i386\werfault.exe_c:\windows\system32\werfault.exe
    4. Press the “Enter” button.
    5. Restart your computer to confirm this modification.
    Check if the error is fixed now.
    https://www.errorsolutions.tech/error/werfault-exe-application-error/

    Balas
  21. Terima kasih atas saharing informasinya, sangat membantu masalh yang kami temukan, waluapun tidak menimbulkan masalah berat cuma risih rasanya tiap kali star up melihat notif tersebut

    Balas

Tulis komentar...