Mencegah komputer restart saat error

Hang, Freeze, Error, dan BSOD (Blue Screen of Death) merupakan hal yang kadang terjadi pada komputer kita. Walau jelas terjadinya hal – hal ini menandakan adanya masalah tapi kita bisa jadi tidak tahu apa penyebabnya. Windows sebenarnya akan memunculkan pesan kesalahan saat terjadinya masalah dan disertakan kode errornya. Masalahnya setting default Windows adalah otomatis merestart komputer kalau terjadi kegagalan sistem.

Langkah awal dalam mendiagnosa apa akar permasalahannya adalah dengan membaca pesan errornya. Nah… kalau muncul error dan langsung reboot jelas kita tidak sempat membacanya. Karena itulah kita sebaiknya mencegah restart otomatis ini dengan mematikan fitur bantuan ini. Ya tujuan sebenarnya memang supaya Windows tidak menunggu dan memang biasanya setelah restart bisa pulih seperti semula.

Kembali ke fokus pembicaraan. Bagaimana cara mematikan restart otomatis ini? Kita perlu mengakses System Properties terlebih dahulu, kemudian pindahkan ke tab Advanced, di bagian Startup & Recovery klik tombol Settings.
windows-7-system-properties-advanced

Pada jendela konfigurasi ini perhatikan bagian System failure dan hilangkan centang pada Automatically restart. Klik OK untuk menyimpan setting baru ini.
windows-7-startup-recovery-settings
Sudah selesai tugas kita. Nanti saat muncul Blue Screen misalnya maka akan tertahan layarnya sampai anda memutuskan mau melakukan apa, minimal catatlah kode errornya. Anda bisa mendiagnosa pesan kesalahan lebih lanjut dari BSOD menggunakan aplikasi BlueScreenView.

Tulis komentar...