Cara mengatur lokasi penyimpanan download default uTorrent

Download torrent tampaknya sudah menjadi salah satu cara download yang populer di Indonesia, walau pengenalan cara kerjanya lebih rumit dibandingkan mengunduh file langsung menggunakan download manager seperti biasanya. Salah satu aplikasi download client Torrent yang terkenal adalah uTorrent. Kalau anda ingin menata lokasi penyimpanan hasil download ke folder default tertentu akan membuat koleksi anda akan tertata rapi tanpa perlu repot – repot memindah sendiri setiap filenya.

Cara setting default folder penyimpanan hasil download uTorrent sebenarnya cukup mudah, walau tersembunyi diantara jumlah konfigurasi yang tersedia. Pertama tentu buka dulu program uTorrent, kemudian klik Options dan pilih Preferences (CTRL+P).

utorrent-options

Jendela preferensi uTorrent akan terbuka, pindahkan ke bagian Directories. Perhatikan bagian “Location of Downloaded Files”, beri centang pada “Put new downloads in:” dan isikan folder yang anda ingin digunakan sebagai lokasi default penyimpanan download uTorrent.

utorrent-preferences-directories

Selanjutnya klik Apply dan OK. Setelah ini semua proses download torrent akan langsung menggunakan folder di tempat yang telah anda tentukan tanpa anda ditanyai kembali. Ini juga berguna kalau anda ingin memisahkan lokas file download menggunakan download manager atau yang menggunakan torrent.

5 pemikiran pada “Cara mengatur lokasi penyimpanan download default uTorrent”

  1. min…ane mau tanya dan harus dijawab. aga beda sama topiknya sih tapi gapapa lah ya…
    ane kan suka download film di torrent nih, contohnya jurassic world, terus ane mau kasih file .srt di foldernya. nah, sebenernya kaya gitu tuh bisa/boleh ga ? soalnya pernah nambah file di folder defaultnya pas mau ngeseed eh malah ngedownload lagi.

    • Ahahaha. 😀 Oke2 mas Ryan. Anda tidak merename file filmnya atau nama foldernya kan? Kalau sudah diganti akan dianggap file berbeda soalnya dan akan didownload ulang.

      Dan ini baru saja saya coba menambahkan satu buah file lain dalam folder torrent dan ternyata tidak ada masalah bisa seeding seperti biasa.

    • dibales juga komen ane, mantap min !
      ga sih kalo rename, cuma tambah srt doang kalau film. jadi aman yah kalo ngasih file baru di folder downloadnya ? kan bete juga kalo ngedownload ulang, ngabisin kuota hehe.
      1 lagi nih min, kalau misal kita beres download terus foldernya dipindah dari default place nya begimana ?
      terimakaseeeh….

    • Aman mas, sudah saya uji coba. Tapi anda bisa kok ngecek sendiri, stop saja torrentnya dan kemudian klik kanan pilih Force Re-check.

      Mau dipindah otomatis kalau sudah selesai downloadnya mas begitu? Bisa kok mas, jadi di Preferences > Directories ada opsi Move completed downloads to:. Ini silahkan dicentang supaya aktif dan langsung saja isikan folder mana tujuannya.

    • oh iya bener bisa di re-check. ane basicnya bukan IT jadi ngeri kalo coba2 haha.
      nais sekali mimin yang 1 ini. makasih min…sekarang ane jadi tambah pinter pake torrent.

Tulis komentar...