Cara mengatur password yang tersimpan di Mozilla Firefox

Password merupakan komponen keamanan akun yang sangat vital di dunia online, karena banyak sekali layanan atau website yang mewajibkan anda memiliki username dan password masing – masing maka tidaklah heran anda kerepotan mengingatnya. Kalau anda menggunakan browser Mozilla Firefox maka anda bisa menyimpan username dan password tersebut ke dalamnya, dan ini sungguh memudahkan anda karena tidak perlu kesulitan dalam mengingat – ingat apa kata sandi yang anda gunakan.

Walaupun begitu sistem penyimpanan password di browser ini juga memiliki resiko keamanan sendiri, apalagi kalau komputer anda sering dipinjam orang lain juga maka seluruh data diri anda yang mestinya rahasia bisa dimanfaatkan secara tidak terpuji. Karena itulah anda harus belajar mengatur apa dan bagaimana password tersebut tersimpan di Firefox.

Cara melihat password yang tersimpan di Mozilla Firefox

Buka Mozilla Firefox dan akses menu Firefox kemudian pilih Options dan Options kembali.
mozilla-firefox-menu-options-options

Pada jendela Options Mozilla Firefox pindahkan tab ke Security dan klik Saved Passwords.
mozilla-firefox-options-security

Seluruh password yang ada dalam Mozilla Firefox akan terlihat disini, untuk melihat apa isi password yang ada klik pada Show Passwords dan klik Hide Passwords untuk menyembunyikannya. Fitur ini cukup berguna kalau anda lupa password anda dan masih tersimpan di Firefox.
mozilla-firefox-saved-passwords

Cara menghapus password yang tersimpan di Mozilla Firefox

Melanjutkan proses diatas, maka setelah melihat apa saja username dan password yang tersimpan untuk website tertentu selanjutnya langsung saja pilih dan klik Remove untuk menghapusnya. Kalau mau menghapus seluruh username dan password yang ada secara massal langsung saja klik tombol Remove All.

Harap anda sudah membuat backup atau setidaknya mencatat password anda sebelum dihapus karena tidak bisa dikembalikan lagi.

Cara mengamankan password yang tersimpan di Mozilla Firefox

Secara default siapapun pengguna browser Firefox akan bisa melihat dan menghapus password yang tersimpan, ini selain melanggar privasi anda resiko keamanan nantinya akun anda disalahgunakan (dibajak atau dihack istilah umumnya). Maka sebaiknya anda amankan sistem penyimpanan password menggunakan fitur Master Password. buka kembali tab Security pada Options Mozilla Firefox dan kali ini beri centang pada Use a master password. Jendela Change a master password akan muncul dan isikan password master untuk Mozilla Firefox.

mozilla-firefox-options-security-master-password

Apa guna Master Password? Nanti pada setiap website yang tersimpan username dan passwordnya anda akan diminta memasukkan master password ini, jadi bagi orang asing yang tidak seharusnya mengakses akun pribadi anda akan dihalangi oleh password. Ini jelas akan meningkatkan keamanan data pribadi anda yang berada di Firefox. Anda bisa juga mengatur password yang tersimpan di Google Chrome kalau anda lebih menyukai browser ini.

2 pemikiran pada “Cara mengatur password yang tersimpan di Mozilla Firefox”

    • Halo Rahmat, ini lupa password yang dimana mas? Agak bingung saya maksudnya. Alternatifnya silahkan coba aplikasi WebBrowserPassView:

Tulis komentar...